Malaysia Kembali Catat Kasus Harian COVID-19 Tertinggi Di Bulan Juli
Dunia
Pandemi Virus Corona

Sebagai informasi, pada saat menerapkan lockdown ketat beberapa waktu lalu, Malaysia justru mencetak rekor angka kasus COVID-19. Kini, Malaysia kembali mengalami kenaikan kasus harian COVID-19.

WowKeren - Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih menyerang negara-negara di dunia, dan belum menunjukkan tanda akan segera berakhir. Bahkan di sejumlah negara mengalami lonjakan kasus COVID-19.

Salah satu negara yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 adalah Malaysia. Malaysia kembali melaporkan mengalami kenaikan kasus harian COVID-19 tertinggi di bulan Juli.

Malaysia mencatat sebanyak 13.034 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah di sosial media Twitter.

Angka tersebut merupakan kasus harian tertinggi kedua yang pernah dicatat Malaysia di bulan Juli. Sebagian besar infeksi baru terjadi di Selangor, yang menyumbang kasus sebanyak 6.049 kasus. Kemudian diikuti oleh Kuala Lumpur sebesar 1.611 kasus.


Hal ini merupakan kali kedua Malaysia mencatatkan kasus harian COVID-19 lebih dari 13 ribu kasus. Sebelumnya, angka kasus harian tertinggi terjadi pada 15 Juli yakni mencapai 13.215 kasus. Saat itu, Malaysia juga tengah melakukan penguncian wilayah atau lockdown.

Dengan penambahan kasus harian tersebut, total kumulatif kasus COVID-19 di Malaysia saat ini menjadi 964.918 kasus. Kemudian, angka kesembuhan mencapai 815.293 orang. Sedangkan untuk angka kematian akibat COVID-19, sebanyak 7.574 orang.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Datuk Seri Fadillah Yusof akan menggelar tahap kedua Program Vaksinasi Industri Konstruksi (CIVac) yang akan dimulai pada 5 Agustus. Dalam tahap ini, akan melibatkan sebanyak 55 ribu pekerja konstruksi di Penang dan Johor.

Yusof menuturkan bahwa pendaftaran vaksinasi COVID-19 telah dibuka sejak 12 Juli lalu, dengan alokasi 30 ribu slot untuk pekerja di Penang, dan 25 ribu slot di Johor. Untuk slot pendaftaran di Johor diketahui sudah full booking, sedangkan di Penang, baru mencapai 22.800 slot yang ter-booking.

Yusof mengungkapkan bahwa program vaksinasi tersebut akan berlangsung mulai 5 Agustus hingga 15 September mendatang. Selanjutnya, ia juga berharap agar pendaftaran CIVac dibuka untuk 20 ribu pekerja konstruksi di Pahang mulai 25 Juli, dan 20 ribu pekerja lainnya di Sabah pada 31 Juli nanti.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts