Presiden Komite Olimpiade Jepang Tuai Sorotan Usai Kedapatan Mengobrol Tak Pakai Masker
Dunia

Yasuhiro Yamashita, presiden Komite Olimpiade Jepang, telah 'mencemooh' pedoman Olimpiade COVID-19 dengan tidak mengenakan masker saat berbicara dengan pejabat.

WowKeren - Gelaran olahraga empat tahunan Olimpiade saat ini tengah digelar di Jepang. Pada Jumat (23/7) malam kemarin, upacara pembukaannya telah digelar dengan sukses.

Acara ini digelar di tengah ramainya kontroversi, mengingat saat ini kasus pandemi COVID-19 masih belum usai, tak terkecuali di Jepang. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika Olimpiade Tokyo digelar dengan aturan yang sangat ketat terutama terkait protokol kesehatan untuk pencegahan COVID-19.

Yasuhiro Yamashita, presiden Komite Olimpiade Jepang, telah mencemooh pedoman Olimpiade COVID-19. Ia terlihat tidak mengenakan masker saat berbicara dengan pejabat di kompetisi judo pada Sabtu (24/7).

Padahal dalam buku pedoman itu mewajibkan semua atlet dan ofisial Olimpiade untuk mengenakan masker wajah untuk mencegah penyebaran infeksi. Kontak dengan orang lain harus dijaga seminimal mungkin dan kontak fisik, seperti pelukan dan jabat tangan, dihindari dengan cara apa pun.


Namun saat hari pertama kompetisi judo di Nippon Budokan, Yamashita, yang juga merupakan peraih medali emas judo, terlihat berbicara dengan ofisial tanpa menutupi wajahnya. Tak cukup sampai di situ, menurut Asahi, dia juga terlihat memeluk pejabat yang berkunjung dan berbicara dengan orang lain sambil meletakkan tangannya di bahu mereka.

Yamashita sendiri merupakan kepala Federasi Judo Seluruh Jepang, yang memiliki klaster infeksi COVID-19 tahun lalu. Masih melansir Asahi, sejumlah atlet yang mengikuti Opening Ceremony pada Jumat malam di Stadion Nasional juga terlihat berseliweran setelah masuk parade. Mereka berbincang dengan sesama tanpa mengenakan masker.

Sementara itu, seorang pejabat panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo mengingatkan bahwa semua atlet harus mematuhi prokes untuk mencegah penularan COVID-19. Aturan ini harus diikuti hingga Olimpiade berakhir bulan depan.

Olimpiade Tokyo telah secara resmi dibuka pada Jumat (23/7) malam waktu setempat. Sejumlah negara silih berganti menunjukkan tim mereka dengan menggunakan seragam di momen Parade of Nations.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait