Sama-sama Hijrah, Virgoun Komentari Pendapat Uki Eks NOAH Soal Musik Sumber Maksiat
Instagram
Musik

Beberapa waktu lalu Uki eks NOAH mengeluarkan pernyataan tentang bagaimana musik adalah sumber maksiat. Sama-sama menempuh jalan hijrah, Virgoun berkomentar mengenai pendapat Uki.

WowKeren - Baru-baru ini, Uki Kautsar atau Uki mantan gitaris NOAH membuat pernyataan kontroversial tentang profesi lamanya. Musisi yang sudah berhijrah itu menyebutkan bahwa musik adalah sumber maksiat hingga mendapat komentar beragam dari publik.

Sebagai sesama musisi, Virgoun yang juga sudah memilih jalan hijrah memberikan tanggapan. Melansir dari Detik Hot, mantan vokalis Last Child tersebut meminta agar pendapat Uki dihormati.

"Itu masing-masing presepsi orang ya. Karena agama itu sendiri sampai ke orang yang berbeda pasti pantulannya berbeda," ungkap Virgoun.

Virgoun berpendapat tidak ada yang salah dengan opini Uki. Hal itu disebabkan barangkali ilmu yang Uki terima dan pengalamannya mengarahkan dirinya untuk berpendapat demikian. Karena agama ranahnya sangat personal, jadi tidak banyak hal yang bisa dikomentari dari nilai pribadi seseorang.

"Menurut gua sih sah-sah aja Uki bilang begitu. Mungkin yang dia pelajari mengarah ke sana. Mungkin yang dialami selama ini juga, kehidupan dan berkariernya dia mungkin banyak yang berkenan di hati dia," paparnya.


Menurut Virgoun, sekarang ia lebih memilih fokus berkarya dan melakukan yang terbaik. Di sini, ia ingin menunjukkan yang terbaik untuk dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Terlepas dari pendapat bahwa musik itu haram, ia berharap bahwa karyanya dapat membawa manfaat bagi banyak orang.

"Kalau gua sih sebagaimana bisa, gua berkarya sebaik mungkin. Yang bisa berkah buat orang-orang di balik itu, gunakan cara yang baik. Segala macam promosi, pokoknya masih bisa dicarilah. Kita kan sebagai manusia dikasih kemampuan sebagai solusi," pungkas Virgoun.

Sebelumnya, Uki mengungkapkan kegelisahannya mengenai masa lalunya berkecimpung di belantika musik Indonesia lewat sebuah video yang tersebar di dunia maya. Pria yang sudah hijrah sejak 2014 lalu itu menyebutkan bahwa pemandangan manggung terakhirnya bersama NOAH mendorongnya untuk berhenti dari musik.

"Pokoknya pemandangan manggung terakhir itu pemandangan Tahun Baru aja. Dan di situ udah kayak wah kacau. Terus liat, wah ini ngaco nih. Jadi melihat hasil perbuatan kita semalem di panggung. Ini yang pada mabok pada di lantai semua. Yang perempuan juga wah... Nggak karuan lah. Itu kan susah dipertanggungjawabkan nanti," kata Uki dalam video tersebut.

Menurutnya, sebagai musisi Uki merasa bertanggung jawab karena telah mendorong orang berbuat maksiat. Sehingga dirinya sendiri merasa terbebani dan ngeri dengan pertangungjawaban yang akan ditebusnya di akhirat nanti.

(wk/inta)

You can share this post!

Related Posts