Jutaan Dosis Vaksin Moderna Masuk Ke Indonesia, Diprioritaskan Untuk Booster Nakes
Twitter/KemenkesRI
Nasional
Vaksin COVID-19

Sebelumnya, Indonesia telah mendapatkan vaksin Moderna dari Amerika Serikat dalam jumlah yang cukup banyak. Vaksin Moderna ini nantinya akan digunakan sebagai booster.

WowKeren - Indonesia diketahui telah kedatangan vaksin Moderna. Adapun dosis yang diterima oleh Indonesia yakni sebanyak 4,5 juta. Vaksin COVID-19 ini berasal dari perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS), Moderna.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menegaskan bahwa sejauh ini pemerintah baru akan menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan (nakes) saja. Pemerintah belum memutuskan untuk memberikan vaksin ini kepada masyarakat umum atau non nakes golongan mana.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa sebanyak 4,5 juta dosis vaksin Moderna yang tiba di Indonesia dalam dua tahap ini akan diprioritaskan untuk booster atau vaksin ketiga para nakes di seluruh Tanah Air. "Belum diputuskan sasaran Moderna, vaksin dosis tiga pakai Moderna saat ini khusus untuk Nakes," tutur Nadia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (29/7).


Nadia mengungkapkan nantinya jika vaksin Moderna usai disuntikkan kepada nakes masih sisa, akan diberikan kepada masyarakat umum non nakes. Adapun jumlah nakes yang menjadi prioritas saat ini adalah sebanyak 1,4 juta orang. Berdasarkan data per Kamis (29/7) pukul 09.00 WIB, Kemenkes baru mencatat ada 16 ribu nakes yang belum menerima vaksin kedua COVID-19.

Artinya bahwa masih ada sekitar 3 juta dosis vaksin Moderna yang tersisa untuk masyarakat umum non nakes. Kemudian, Nadia juga menyinggung terkait kabar yang menyebutkan bahwa ada seorang influencer mendapatkan dosis ketiga vaksin COVID-19.

Nadia menjelaskan bahwa saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, dugaan itu terjadi di Jakarta. "Jadi tuntas nakes dulu, tapi kita juga siapkan untuk nakes yang masih tertunda dosis kedua, ataupun yang masih baru dosis satu, tapi dia positif COVID-19, soal dugaan influencer, ini sedang ditanyakan ke DKI," tandas Nadia.

Sebagai informasi, Indonesia mendapatkan dosis vaksin Moderna pertama kali pada 11 Juli lalu. Indonesia pun berterima kasih kepada AS yang telah menyumbangkan vaksin Moderna dalam jumlah cukup banyak.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts