KemenPAN-RB Beber Passing Grade SKD CPNS 2021, 4 Formasi Ini Dapat 'Keringanan'
Nasional
Seleksi CPNS dan PPPK 2021

Dalam konferensi persnya hari Kamis (29/7), KemenPAN-RB membuka ambang batas alias passing grade nilai SKD. Untuk formasi Umum, TWK minimal 65, TIU 80, dan TKP 166.

WowKeren - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membongkar passing grade pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Namun KemenPAN-RB rupanya belum bisa memberikan informasi ambang batas nilai SKD untuk rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), baik untuk guru dan non-guru.

Perihal materi maupun ambang batas ini sudah terangkum di Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1023 Tahun 2021 yang diteken pada Senin (26/7) kemarin. Dan secara garis besar, panitia penyusun soal SKD memasukkan berbagai komponen soal untuk mendapatkan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berakhlak, yakni Berorientasi Pelayanan Akuntabel Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif.

Seperti sebelumnya, SKD CPNS 2021 akan diselenggarakan dengan tiga jenis soal yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). "Total butir soal dari SKD itu adalah 110 butir soal, terjadi penambahan 10 butir soal dibandingkan tahun 2019 lalu," ujar KemenPAN-RB dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (29/7).

Lebih rinci dijelaskan, TWK akan terdiri atas 30 butir soal, TIU 35, dan TWK 45. Masing-masing memiliki bobot penilaian tersendiri, dengan total nilai maksimal 550 apabila bisa terjawab dengan benar dan sesuai seluruhnya.


Namun tentu saja bukan itu ambang batas yang ditetapkan panitia seleksi CPNS. Untuk formasi Umum CPNS 2021, ambang batas nilai TWK-nya adalah 65, TIU 80, dan TKP 166.

Ada perbedaan untuk beberapa jenis formasi. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Formasi Cumlaude: TIU minimal 85, total SKD minimal 311
  2. Formasi Disabilitas: TIU minimal 60, total SKD minimal 286
  3. Formasi Diaspora: TIU minimal 85, total SKD minimal 311
  4. Formasi Putra Putri Papua dan Papua Barat: TIU minimal 60, total SKD minimal 286

KemenPAN-RB Beber Passing Grade SKD CPNS 2021, 4 Formasi Ini Dapat \'Keringanan\'

YouTube/Kementerian PANRB

Beberapa formasi di jalur Umum pun ada yang mengalami penyesuaian ambang batas SKD ini. Yakni untuk profesi dokter dan anak buah kapal (ABK), seperti penjelasan berikut:

  1. Formasi Dokter: TIU minimal 80, total SKD minimal 311
  2. Formasi ABK, rescuer, pengamat gunung api, dll: TIU minimal 70, total SKD minimal 286

Setiap peserta memiliki waktu 100 menit untuk menyelesaikan soal-soal tersebut, dengan pengecualian penyandang disabilitas netra sensorik di formasi Disabilitas yang bisa mendapat waktu pengerjaan sampai 130 menit. Secara garis besar, tidak ada pengurangan nilai sekalipun menjawab salah pada soal SKD yang disediakan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait