Booster Nakes Selesai Pekan Depan, Selanjutnya Vaksinasi Dosis Ketiga untuk Umum?
Twitter/KemenkesRI
Nasional

Inodnesia melanjutkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga meski WHO mendesak moratorium. Dan vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan ini ditarget selesai pekan kedua Agustus.

WowKeren - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sudah menetapkan target untuk vaksinasi dosis ketiga alias booster untuk tenaga kesehatan. Disebutkan Juru Bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, pemberian dosis ketiga alias booster ini ditargetka selesai pada pekan kedua Agustus 2021 yang berarti juga pekan depan.

"Pemerintah terus mempercepat program ini," tutur Wiku dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (5/8). "Dan ditargetkan akan selesai pada pekan kedua bulan Agustus."

Disebutkan lebih lanjut oleh Wiku, vaksin dosis ketiga untuk nakes, asisten nakes, hingga para tenaga penunjang di fasilitas layanan kesehatan saat ini terus bertambah. Sementara untuk jumlah warga yang sudah mendapat suntikan dosis ketiga pun, menurut Wiku, terus bertambah setiap harinya.

"Per 3 Agustus 2021, sudah lebih dari 21 juta penduduk Indonesia yang mendapatkan vaksin COVID-19 secara lengkap hingga dua dosis," terang Wiku. "Jumlah itu mencapai 10 persen dari total sasaran."


Lantas apakah selanjutnya vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bisa diberikan kepada masyarakat umum? Ketika dikonfirmasi pada Kamis (5/8) kemarin, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, menyebut vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat umum mungkin akan dilakukan tahun 2022.

Yang menjadi sasaran adalah mereka penerima vaksin merek Sinovac. Pasalnya berbagai hasil studi disebutkan bahwa penurunan antibodi penerima vaksin Sinovac enam bulan pasca penyuntikan, sehingga suntikan booster harus diberikan setelah 12 bulan dari vaksinasi dosis pertama.

Kendati demikian, saat ini yang berhak mendapat vaksinasi COVID-19 dosis ketiga adalah nakes. Disebutkan Siti Nadia, pemberian vaksin dosis ketiga untuk nakes adalah karena situasi yang darurat, sehingga tetap dilanjutkan walau melawan instruksi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk moratorium booster COVID-19 sampai akhir September.

"Tidak ditunda ya booster nakes, karena ini kan usulan penyuntikan kepada masyarakat luas. Kalau nakes ini dalam keadaan darurat," kata Siti Nadia dalam pesan singkatnya kepada CNN Indonesia.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru