Tes PPPK Guru 2021 Dinilai Menyimpang dari Try Out, Honorer Sampai Menangis
Nasional

Seleksi untuk rekrutmen PPPK Guru 2021 sudah mulai diselenggarakan dan banyak peserta yang mengeluhkan soal berbeda dari materi try out sehingga nilainya tidak memuaskan.

WowKeren - Tahapan seleksi rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru sudah dimulai. Berbagai testimoni soal pelaksanaan tes pun beredar dan sejumlah peserta menilai materi yang diujikan berbeda jauh dari yang disediakan di try out.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Forum Guru Tidak Tetap (GTT) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Musbihin. Ia menyebut soal-soal yang diujikan tidak sesuai dengan yang dipelajari selama ini, sehingga nilai kompetensi teknisnya di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tidak melampaui passing grade 325.

"Untuk PAI SD menurut saya susah butir soalnya, ada hadis-hadisnya," ujar Musbihin kepada JPNN, Selasa (14/9). "Sementara kami di SD tidak mempelajari itu."

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD Forum Honorer Nonkategori Dua Persatuan Guru Honorer Republik Indonesia (FHNK2 PGHRI) Jawa Timur, Nurul Hamidah. Nurul menyebutkan sejumlah keluhan termasuk materi yang diujikan terlalu banyak.


Ujian yang dihadapi, menurut Nurul, cukup mengganggu psikis peserta terutama para guru honorer yang sudah tua. "Ini kawan-kawan menangis semua karena hasil kemarin tidak sesuai harapan," tutur Nurul, dikutip pada Rabu (15/9).

Ketua Forum Honorer K2 DKI Jakarta Nur Baitih juga mengungkap laporan dari teman-teman soal butir soal yang berbeda dari materi try out yang difasilitasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). "Sebanyak 80 persen materi try out tidak ada yang keluar dalam tes PPPK Guru 2021 hari pertama. Sedih sekali kalau begini," katanya.

Perkara banyaknya peserta yang tidak lulus ambang batas seleksi PPPK Guru 2021 sebelumnya juga sempat ditanggapi Mendikbudristek Nadiem Makarim. Sang menteri pun meminta agar para guru honorer yang menjadi peserta tidak langsung patah semangat meski nilai yang diperoleh tidak memenuhi ambang batas.

"Bagi para peserta yang belum lulus passing grade PPPK Guru 2021 hari ini, jangan patah semangat dulu," jelas Nadiem kepada guru honorer yang melaksanakan tes di SMK Negeri 6 Surakarta, Senin (13/9). "Ingat guru honorer diberikan kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak tiga kali."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait