Menko Muhadjir 'Paksa' Sekolah Tatap Muka Kalau Pendidik Sudah 100 Persen Divaksin
kemenkopmk.go.id
Nasional

Menko PMK Muhadjir Effendy mendorong PTM untuk segera dilaksanakan apabila 100 persen tenaga pendidik sudah divaksin, tentu saja jika wilayahnya masuk di kategori PPKM Level 2 dan 3.

WowKeren - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan soal pentingnya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Namun terdapat persyaratan penting yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan PTM, yakni memastikan semua tenaga pendidik sudah menerima vaksin COVID-19.

Muhadjir menarget vaksinasi untuk tenaga pendidik bisa selesai pada akhir September 2021. Sebab menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, per 13 September 2021, baru sebanyak 62 persen atau sekitar 3,42 juta pendidik dan tenaga pendidik yang sudah menerima vaksin, dengan 39 persen di antaranya yang sudah menerima dua dosis lengkap.

Divaksinnya 100 persen tenaga pendidik inilah yang menjadi tolak ukur kewajiban pembukaan sekolah, pesantren, atau madrasah. Sebab menurutnya akan terlalu lama bila menunggu seluruh peserta didik juga sudah menerima vaksinasi.


"Kalau sudah 100 persen tenaga pendidik tervaksin, maka wajib melaksanakan PTM. Tidak harus menunggu sampai 100 persen peserta didiknya divaksin," tutur Muhadjir dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri tentang Pelaksanaan PTM, Rabu (15/9). "Saya rasa, kalau menunggu hingga semua tuntas, nggak buka-buka itu sekolah, madrasah, dan pesantren."

Nanti seiring dengan pelaksanaan PTM, cakupan vaksinasi untuk peserta didik juga akan dipercepat meski tetap disesuaikan dengan ketersediaan vaksin. "Setelah vaksinasi bagi tenaga pendidik selesai, maka siswa di atas 12 tahun hingga mahasiswa ini akan menjadi prioritas," imbuh Muhadjir, dikutip dari laman resmi KemenkoPMK, Kamis (16/9).

Muhadjir menilai situasi PTM akan lebih aman sekalipun baru tenaga pendidik yang sudah tervaksin. Apalagi karena jumlah peserta didik di Indonesia jauh lebih banyak daripada tenaga pendidik sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mencakup 100 persen vaksinasi tersebut.

Pada kesempatan itu, Muhadjir juga mendorong seluruh satuan pendidikan untuk segera melakukan pengisian check list kesiapan pelaksanaan PTM. "Asesmen kelayakan PTM harus selesai pada akhir September 2021 seiring dengan target kita selesai vaksinasi tenaga pendidik dan kependidikan pada akhir September 2021," pungkasnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait