SKD CPNS Kemenkumham Jatim Dijaga Tentara Pink 'Squid Game', Ternyata Demi Alasan Mulia Ini
jatim.kemenkumham.go.id
Nasional

Barisan tentara pink dengan penutup kepala yang dihiasi logo seperti persegi atau silang, serta membawa senjata ala 'Squid Game' mengamankan jalannya SKD CPNS di Surabaya, Rabu (20/10).

WowKeren - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih berlangsung. Termasuk untuk formasi di Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur yang digelar dengan cara yang unik.

Hal ini terjadi pada Rabu (20/10) kemarin, ketika Kemenkumham Jawa Timur menggelar SKD CPNS untuk formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Pasalnya panitia penyelenggara menggelar SKD CPNS dengan suasana seperti serial populer Netflix asal Korea Selatan "Squid Game".

Terdengar backsound mencekam yang diputar di lokasi kegiatan. Sejumlah pink soldier yang menjadi algojo di Squid Game pun berbaris untuk mengamankan jalannya SKD, bahkan mereka juga dilengkapi dengan penutup kepala serta membawa senjata.

Mereka bukan hanya bertugas menjaga saat tes berlangsung, namun juga membantu peserta saat menanyakan lokasi tempat duduk saat SKD diselenggarakan. Namun sebenarnya apa alasan Kemenkumham Jatim menyulap pelaksanaan SKD CPNS selayaknya Squid Game ini?


"Kami ingin peserta lebih rileks dan bahagia dalam mengikuti SKD CPNS kali ini. Karena saat rileks, kita bisa lebih maksimal berpikir," tutur Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Krismono, dikutip pada Kamis (21/10).

Krismono berharap kreativitas dari panitia ini bisa mengendurkan ketegangan para peserta yang berlomba untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut. "Kami berharap melalui seleksi ini mendapatkan SDM yang mumpuni, secara intelektual dan integritas," jelas Krismono.

Pemilihan tema Squid Game ini pun bukan tanpa alasan. Panitia penyelenggara menilai SKD CPNS memiliki kemiripan dengan serial populer tersebut, seperti peserta harus melewati berbagai rintangan dalam permainan untuk memenangkan hadiah utama di akhir.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," kata Krismono. "Tapi bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme."

Lalu bagaimana tanggapan peserta ketika dihadapkan dengan suasana ala Squid Game ini? "Keren banget ini. Bagus, biar nggak tegang, karena kebetulan saya juga suka serialnya," ujar Aini Solikhah sebagai salah satu peserta SKD.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru