Harga Telur-Minyak 'Terbang' Jelang Tahun Baru, Kemendag Langsung Janjikan Ini
Nasional

Kementerian Perdagangan mengungkap perkiraan waktu ketika harga bahan-bahan pokok seperti minyak goreng, telur ayam, hingga cabai mengalami penurunan. Kapan?

WowKeren - Menjelang Tahun Baru 2022, harga sejumlah bahan pokok seperti telur ayam dan minyak goreng mengalami kenaikan yang mengejutkan. Publik sudah berkali-kali menjeritkan agar harga bahan-bahan tersebut diupayakan turun demi menjaga daya beli di pasaran.

Menanggapinya, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, memastikan bahwa harga bahan-bahan pokok akan turun. Bahkan Kemendag sudah menjanjikan waktu pasti harga akan turun, kapan?

"Untuk telur dan minyak goreng akan terkoreksi menurun setelah Tahun Baru," ungkap Oke kepada ANTARA di Jakarta, Jumat (31/12). Oke mengungkap sejumlah alasan mengapa ia yakin harga bahan pokok akan turun awal tahun depan.

Yang pertama, harga minyak goreng akan turun dipengaruhi oleh harga Crude Palm Oil (CPO) sebagai bahan baku produksi. Sedangkan harga telur ayam diperkirakan bisa turun bila jumlah permintaan telur untuk bantuan sosial oleh pemerintah juga menurun.


Bukan hanya telur dan minyak, Oke juga membahas soal harga cabai. Menurutnya harga cabai kemungkinan bisa terkoreksi minimal pada Februari 2022 mendatang, menyusul panen yang akan terjadi pada sekitar waktu tersebut.

Sebagai informasi, terjadi kenaikan harga bahan-bahan pokok menjelang pergantian tahun 2021 dan 2022. Termasuk di antaranya harga minyak goreng, telur ayam, ayam potong, hingga cabai.

Di beberapa pasar, bahkan harga bahan-bahan pokok melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET). Mengutip ANTARA, harga minyak goreng di pasar tradisional di Tangerang misalnya, mencapai Rp20.000 per liter. Padahal HET untuk minyak goreng kemasan sederhana adalah di kisaran Rp11 ribu per liter.

Kenaikan ini sendiri sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Seperti pada November 2021 kemarin, harga minyak goreng curah di Kota Pasuruan mencapai Rp21.000 per liter. Kenaikan harga ini otomatis membuat penjualan juga mengalami penurunan.

Sedangkan harga telur ayam di Tangerang terpantau mencapai Rp34 ribu per kilogram. Sejumlah toko kelontong misalnya menjual telur ayam ukuran seperempat kilogram dengan harga Rp7.000-8.000. Padahal HET untuk telur ayam adalah senilai Rp24.000 per kilogram.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait