Pemerintah Targetkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Selesai Pada Kuartal Pertama Tahun 2022
AFP/Jack Guez
Nasional

Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, vaksinasi menjadi suatu keharusan, tak terkecuali terhadap anak-anak. Pemerintah hingga kini terus menggencarkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

WowKeren - Seperti yang diketahui, pemerintah saat ini tengah menggencarkan vaksinasi COVID-19 kepada anak usia 6-11 tahun. Adapun vaksinasi pada anak sudah dimulai sejak 14 Desember 2021 lalu.

Terbaru, Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) Airlangga Hartarto menargetkan program vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun itu bisa selesai pada kuartal pertama tahun depan atau sekitar Maret 2022. Sementara itu, pemerintah juga menargetkan suntikan vaksinasi COVID-19 terhadap 26,5 juta anak-anak usia 6-11 tahun.

"Kita memulai vaksinasi anak beberapa hari lalu, dan ditargetkan di kuartal pertama, (vaksinasi) anak-anak bisa diselesaikan karena ini merupakan dosis pertama," tutur Airlangga saat mengunjungi sentra vaksinasi anak di SDN Kemanggisan 05 Pagi, Jakarta Barat, Jumat (31/12).

Lebih lanjut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko) tersebut juga menyebut program vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu sebuah keharusan. Pasalnya, sektor pendidikan sudah mulai membuka program pembelajaran tatap muka (PTM).


Apalagi Indonesia saat ini telah mengidentifikasi 68 kasus COVID-19 varian Omicron. Bahkan juga telah menemukan kasus varian Omicron yang berasal dari transmisi lokal.

Sementara untuk 60 kasus Omicron di Indonesia itu merupakan imported case dari WNI selaku pelaku perjalanan dari luar negeri. Kemudian 7 kasus Warga Negeri Asing (WNA), dan 1 kasus transmisi lokal.

Lebih lanjut, Airlangga menuturkan salah satu daerah yang diberikan izin untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap anak usia 6-11 tahun adalah yang telah mencapai target minimal 70 persen dosis pertama pada total sasaran daerah. Kemudian juga telah mencapai minimal 60 persen dosis pertama pada sasaran warga lanjut usia (lansia).

"Diharapkan bahwa kekebalan kita menghadapi pandemi COVID-19 ini bisa teratasi, terutama menghadapi varian baru Omicron," lanjut Airlangga. Ia lantas menegaskan di situasi seperti sekarang ini, vaksinasi COVID-19 menjadi suatu keharusan.

Sejauh ini, vaksinasi COVID-19 pada anak usia 6-11 tahun sudah berjalan di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lainnya.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait