Krisis Migran di Eropa
AFP/Leonid Shcheglov
Dunia

Masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi selama tahun 2021. Tak hanya seputar penyebaran pandemi, namun juga kejadian politik.

WowKeren - Tahun 2021 juga mencatat persoalan membludaknya migran di perbatasan negara-negara Eropa, termasuk yang terjebak di antara perbatasan Polandia dan Belarusia, yang mana sebagian besar berasal dari Timur Tengah dan Afrika. Kebuntuan persoalan ini membuat hubungan antara Polandia dan Belarusia sempat memanas.

Pemimpin otoriter Belarusia Alexander Lukashenko mendorong para migran untuk memasuki Polandia, bahkan secara ilegal jika perlu. Sedangkan di lain sisi, Polandia menghalangi masuknya para migran ke negara itu dengan menutup bentangan perbatasan menggunakan kawat berduri. Yunani juga dilaporkan mengambil langkah serupa.

Pada November, sebuah kapal yang mengangkut sekitar 30-an orang tenggelam di Selat Inggris dengan 27 orang di antaranya dilaporkan meninggal. Tragedi serupa juga terjadi di Libya dengan lebih dari 160 migran yang ingin mencari kehidupan lebih baik di Eropa, tenggelam di lepas pantai Libya pada bulan Desember.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru