Varian Omicron Gegerkan Dunia Internasional
Pexels/RF._.studio
Dunia

Masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi selama tahun 2021. Tak hanya seputar penyebaran pandemi, namun juga kejadian politik.

WowKeren - Ilmuwan di Afrika Selatan pada awal November lalu telah melaporkan varian COVID-19 terbaru yang saat ini dikenal dengan nama omicron. Tak menunggu waktu lama setelah itu, sejumlah negara telah mengambil langkah untuk memperketat perbatasan mereka terhadap pendatang dari Afrika Selatan dan negara-negara di sekitarnya.

Badan Organisasi Dunia (WHO) memandang langkah ini cukup tergesa-gesa sebab masih sedikit yang diketahui mengenai varian tersebut. Mereka geram karena langkah itu membuat Afrika Selatan menjadi negara terisolasi. Sementara itu di lain sisi, sejumlah negara juga memutuskan untuk mempersingkat jeda waktu pemberian suntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 untuk meminimalkan penularan.

Hal itu berangkat dari data awal penelitian yang menunjukkan bahwa varian yang satu ini menyebar lebih cepat dibanding pendahulunya, varian delta. Dan benar saja, tak lama setelah varian itu diumumkan, lebih dari 80 negara sudah melaporkan infeksi varian ini.

Sejumlah negara Eropa pun mencatat lonjakan kasus akibat omicron. Alhasil, kekhawatiran pun kembali muncul ketika perayaan Natal dan Tahun baru 2022 terancam oleh risiko penularan varian ini. Belanda bahkan telah menerapkan lockdown mendadak.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru