Daftar Wilayah yang Masuk Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG di Malam Tahun Baru 2022
Nasional

BMKG lantas mengungkapkan 30 provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 31 Desember 2021 alias malam pergantian tahun.

WowKeren - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan diri cuaca ekstrem untuk periode 31 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Simak daftar wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di malam Tahun Baru 2022.

Menurut hasil analisa BMKG, terdapat daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin alias konvergensi yang memanjang dari Aceh hingga Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BMKG lantas mengungkapkan 30 provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 31 Desember 2021 alias malam pergantian tahun. Antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Di malam Tahun Baru 2022, DKI Jakarta dan Maluku berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Sedangkan wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang pada 31 Desember 2021 tercatat nihil.


Kemudian untuk 1 Januari 2022, jumlah wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berkurang menjadi 28 provinsi. Antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sedangkan provinsi Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 1 Januari 2022. Wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang masih nihil di hari pertama tahun 2022.

BMKG juga merilis daftar wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang pada 2 Januari 2022. Antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sedangkan Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat berpotensi mengalami hujan yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang pada 2 Januari 2022.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait