Eurovision Tetap Izinkan Rusia Ikut Kontes Meski Putin Lakukan Invasi Ke Ukraina
eurovision.tv
TV
Konflik Rusia dan Ukraina

Kontes bernyanyi Eurovision memutuskan Rusia tetap diizinkan berada di acara tersebut meski Vladimir Putin memerintahkan pasukannya untuk menginvasi Ukraina.

WowKeren - Invasi Rusia ke Ukraina kini menjadi perdebatan dan polemik baru bagi dunia. Mandat Putin untuk melakukan serangan skala besar ke Ukraina kini menjadi topik perhatian dunia.

Kabarnya, sejumlah pemimpin dunia akan memberikan sanksi terhadap Rusia usai lakukan invasi ke Ukraina. Hal itu sebagai bentuk kecaman sejumlah negara akan keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin menyerang Ukraina.

Menariknya, Eurovision kontes lagu yang diikuti sejumlah kontestan dari negara kawasan Eropa memberikan keputusan lain. Banyaknya desakan agar panitia mendepak perwakilan Rusia dari ajang bernyanyi tersebut ternyata tak diambil penyelenggara Eurovision.

Penyelenggara kontes Eurovision memutuskan bahwa Rusia masih diperbolehkan untuk mengikuti ajang bernyanyi tersebut meski Putin telah menimbulkan ketakutan bagi rakyat Ukraina juga beberapa negara lainnya. Keputusan itu tetap diambil meski perusahaan penyiaran Ukraina UA:PBC meminta Rusia untuk diskors dari acara tersebut.


Perwakilan dari European Broadcasting Union mengatakan acaranya tak memiliki unsur politik. Sehingga, mereka akan tetap menjalankan kontes seperti yang telah direncanakan meski ketegangan di antara Rusia dan Ukraina semakin memanas.

Kendati begitu, pihak Eurovision mengaku tetap prihatin dengan kekacauan tersebut. Panitia tak menampik bakal mengeluarkan keputusan baru menyusul kondisi terkini perang Rusia dan Ukraina.

"Kontes Lagu Eurovision adalah acara budaya non-politik," kata European Broadcasting Union kepada BuzzFeed News. "Namun EBU prihatin dengan kejadian terkini di Ukraina dan akan terus memantau situasi dengan cermat."

Nantinya, Rusia akan tetap bertanding di kontes tersebut yang dijadwalkan digelar di Turin, Italia pada Mei 2022 mendatang. Diprediksi ketegangan di antara perwakilan Rusia dan Ukraina juga bakal terjadi di acara tersebut.

Sementara itu, Putin sendiri kekeh tak mau menarik pasukannya dari Ukraina. Putin bahkan tak segan mengancam negara yang mencampuri polemik Rusia dan Ukraina. Putin mengatakan bakal melakukan tindakan tegas bila ditemukan adanya negara yang masih berupaya mengintervensi konflik di antara Rusia dan Ukraina.

(wk/Sisi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru