Kerugian Ditaksir Capai 130 M Imbas Kebakaran 45 Kapal di Cilacap
Unsplash/Yassin Nur Fadhilah
Nasional

Kerugian akibat kebakaran yang terjadi di Dermaga Batere, Cilacap disebut mencapai angka Rp 130 miliar. Polisi hingga kini masih melakukan pendalaman kasus kebakaran tersebut.

WowKeren - Kebakaran hebat terjadi di di Dermaga Batere, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa (3/5) sekitar pukul 17.10 WIB. Setidaknya ada 45 kapal nelayan yang terbakar dalam insiden tersebut. Sementara itu, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai Rp 130 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Ahmad Luthfi. Ia menyatakan kerugian akibat kebakaran 45 kapal di Dermaga Batere dan Dermaga Wijayapura, Cilacap, hampir mencapai Rp130 miliar.

"Ini karena ada 44 kapal (nelayan) dan satu kapal tugboat (kapal tunda) yang terbakar," ungkap Luthfi saat meninjau lokasi kebakaran kapal di Cilacap, Rabu (4/5), melansir Antara.

Sementara itu, soal penyebab kebakaran, dugaan sementara sumber api berasal dari kegiatan salah seorang anak buah kapal (ABK) di atas kapalnya. Luthi juga telah memerintahkan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng berangkat ke Cilacap untuk menyelidiki sumber api yang menyebabkan kebakaran puluhan kapal.


"Akan kami dalami. Ini semua untuk membuat terang perkara terkait dengan kebakaran. Begitu terbakar, sejumlah kapal tercerai-berai karena adanya pasang surut ombak," ujar Luthfi.

Kebakaran diketahui terjadi di 4 titik. Kbakaran pertama kali terjadi pada salah satu kapal yang sedang bersandar di Dermaga Batere pada hari Selasa (3/5) pukul 17.10 WIB, yang diawali dengan ledakan dari kapal tersebut.

Tidak lama kemudian, kobaran api merambat ke kapal-kapal lain yang sedang bersandar di Dermaga Batere. Bahkan, kebakaran meluas hingga Dermaga Wijayapura, tempat penyeberangan khusus menuju lembaga pemasyarakatan di Pulau Nusakambangan.

Akibat kejadian tersebut, seorang ABK mengalami luka bakar hingga 25 persen, khususnya di wajah, leher, lengan bawah sebelah kanan dan kiri, serta punggung tungkai kanan dan kiri. Korban harus menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Korban atas nama Yatiman (44), warga Jalan Logawa Nomor 45 RT 02 RW 03, Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, diketahui terkena ledakan mesin saat bekerja di atas kapal.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait