Ciptakan Metode Belajar yang Menyenangkan
TikTok/kalinggabdt
Selebriti

Stigma 'killer' kerap kali membayangi para guru Matematika dan Fisika. Namun, hal ini tak berlaku bagi Kalingga Apriliya. Metode belajar asyiknya justru membuat para siswa jatuh cinta, lho. Bagaimana bisa?

WowKeren - Agar sukses menghapus stigma negatif, seorang guru harus membuat impresi baik. Kemudian, jangan pernah ragu menyelami pola pikir siswa agar bisa lebih paham posisinya. Hal inilah yang dilakukan oleh Kalingga. Bahkan saat ada yang siswa super duper pendiam, ia bisa dengan mudah bisa dekat dengan siswa tersebut.

"Metode yang aku pakai pertama membuat impresi baik. Jadi, gimana caranya membentuk kepercayaan kalau aku guru asyik. Kedua, harus cari tahu pola pikir mereka supaya bisa masuk ke dunianya. Aku menerapkan bahwa kita enggak boleh saling menuntut, tapi harus bisa saling belajar," terang Kalingga. "Waktu itu, ada siswa yang enggak mau ngomong sama siapapun. Akhirnya aku ajak ngobrol dari surat. Aku sering kasih kado. Sampai akhirnya, ada momen seminggu aku enggak memberi, dari situ kita ngobrol. Jadi memang masih banyak hal yang bisa kita kasih ke siswa."

Dengan pendekatan ini, Kalingga sukses membuat para siswa lebih nyaman saat belajar. Tak heran, banyak siswa yang mengaku jadi lebih mudah memahami pelajaran. Di sisi lain, Kalingga juga menerapkan teknik khusus saat di dalam kelas. Ia selalu memerhatikan para siswa saat proses pelajaran berlangsung. Di akhir, Kalingga selalu memberikan jeda waktu sekitar 15 menit untuk mengosongkan pikiran. Tak heran jika para siswa amat menyayanginya.

"Aku selalu perhatikan mereka, obrolan dan becandaan apapun harus nyambung. Aku ingin memberikan ruang sosialisasi di ruang kelas. Jadi, mereka punya kepercayaan diri untuk mengobrol sama orang, minimal sama gurunya," jelas Kalingga, "Kadang orang tanya, 'Bu Lingga kontennya berisik mulu, kapan belajarnya?' Memang teknikku, misalnya mengajar 3 jam, buat belajar 2,5 jam dan 15 menit untuk free class. Bisa untuk random talk, mau ngerjain soal atau mau tidur silahkan. Kalau bukan aku yang memberi jeda, mereka enggak punya waktu buat kosongkan pikiran sebelum mata pelajaran yang selanjutnya, gurunya baru keluar, eh ada guru masuk."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel