SBY dan AHY Tak Hadir Saat Upacara HUT RI ke-77 di Istana, Ini Alasannya
Instagram/agusyudhoyono
Nasional

Pada upacara bendera memperingati HUT RI ke-77 di Istana Kepresidenan, Jakarta pada 17 Agustus lalu, dihadiri oleh banyak pejabat, namun tak terlihat mantan Presiden SBY beserta AHY.

WowKeren - Pada Rabu (17/8) lalu, Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan atau HUT RI ke-77. Dalam merayakannya, Istana pun menggelar upacara bendera. Upacara ini pun tampak dihadiri oleh para pejabat hingga mantan Presiden.

Namun dalam upacara tersebut tak terlihat mantan Presiden ke-6 RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono. SBY diketahui tidak hadir secara langsung di Istana Kepresidenan, Jakarta lantaran tengah berada di Malaysia.

Meski tak mengikuti upacara di Istana, namun SBY melaksanakannya di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, yang datang sebagai tamu. Adapun hal ini disampaikan oleh Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief.

Andi menerangkan bahwa upacara dimulai pada 17 Agustus 2022, pukul 09.45 waktu setempat di kantor Kedutaan Besar, yang mana juga dihadiri oleh staf Dubes, ormas, dan beberapa perwakilan siswa serta perwakilan atase pertahanan Malaysia. "Jadi Pak SBY dan kita semua adalah tamu, di situ Pak SBY sebagai Presiden RI ke-6," ujar Andi dalam keterangannya, dilihat pada Jumat (19/8).


Lebih lanjut, Andi menuturkan bahwa upacara yang diikuti oleh SBY itu berakhir pada sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah itu, SBY pun menghadiri ramah tamah dengan peserta upacara.

Kemudian, SBY dan rombongan olahraga bersama dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) bermain voli bersama Timnas Malaysia. Andi kemudian menyebut bahwa SBY kembali ke Indonesia pada Kamis (18/8).

Dalam kesempatan yang sama, Andi juga mengungkapkan alasan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak menghadiri upacara memperingati HUT RI ke-77 di Istana. Andi mengatakan hal itu dikarenakan AHY sedang dalam masa pemulihan usai sakit Demam Berdarah (DBD).

"Mas AHY juga tidak hadir karena dia sakit. Sejak tanggal 10 (Agustus 2022), mas AHY ulang tahunnya itu sakit, DBD," beber Andi. "Dan baru pulang kemarin Senin (15/8), dan sekarang pemulihan, recovery, dan trombosit sudah mulai normal."

Sebagaimana diketahui, di hari ulang tahunnya, AHY merayakannya dengan terbaring di ranjang rumah sakit lantaran terkena DBD. Meski begitu, AHY tetap merasa bersyukur.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru