Ada Aksi Bakar Jaket Almamater UGM Saat Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Jogja
Instagram/ugm.yogyakarta
Nasional

Massa aksi demo tolak kenaikan harga BBM di Yogyakarta diikuti oleh mahasiswa dan kelompok masyarakat. Selama demo, salah satu orator juga melakukan aksi bakar jaket almamater UGM.

WowKeren - Demo penolakan kenaikan harga BBM terus terjadi di berbagai daerah di Tanah Air. Aksi demo juga dilakukan oleh massa dari berbagai pihak. Di Yogyakarta, masa demo terdiri dari gabungan mahasiswa dan kelompok masyarakat yang mengatasnakan diri mereka ARAK (Aliansi Rakyat Bergerak).

Aksi demo gabungan mahasiswa dan masyarakat itu digelar di depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, pada Kamis (15/9). Aksi demo mulanya diawali dengan long march dari Bundaran UGM hingga Gedung Agung Yogyakarta. Namun kemudian demo juga diwarnai dengan aksi pembakaran jaket atau jas almamater UGM (Universitas Gajah Mada).

Massa aksi demo juga melakukan orasi dan panggung seni untuk menyuarakan penolakan terhadap kenaikan harga BBM. Selama aksi, sejumlah massa dari mahasiswa terlihat memakai jaket atau jas almamatert UGM. Kemudian salah satu orator demo yang juga memakai jas UGM meminta para rekannnya melepas almamater mereka.

"UGM yang katanya adalah kampus kerakyatan tidak berpihak pada rakyat. Padahal Presiden dan menteri-menterinya berasal dari UGM tapi tidak berpihak pada rakyat,"ujar sang orator, melansir Merdeka.com.


Aksi itu dilakukan untuk menyinggung penjabat pemerintahan yang banyak berasal dari UGM. Mulai dari para menteri bahkan hingga presiden joko Widodo pun diketahui merupakan alumni UGM. Orator aksi itu juga menyinggung pihak kampus yang dinilai abai dengan isu kenaikan harga BBM saat ini.

"Ayo kita sama-sama lepas jaket almamater yang dipakai. Biar setara dengan peserta aksi yang lainnya. Copot, copot, copot almet (jaket almamater). Copot almetnya sekarang juga," tegas sang orator.

Setelah selesai berorasi, orator itu juga turut melepas jaket almamater UGM yang ia kenakan dan membakarnya. Orator itu masih terus berorasi saat berusaha membakar jaket almamaternya. Dia juga menyinggung pihak kampus UGM yang dinilai tidak ikut peduli dengan isu kenaikan harga BBM saat ini.

"Tidak ada satu pun dosen dan akademisi UGM yang ikut menyuarakan penolakannya terhadap kenaikan harga BBM," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru