Adegan Ciuman 'Aquaman' Disensor di Indonesia dan Arab, Fans Internasional Kebingungan
Official
Film

Banyak yang merasa bingung lantaran adegan ciuman antara Atlanna-Tom Curry tidak mendapatkan sensor seperti Aquaman-Mera.

WowKeren - Para penggemar Tanah Air yang sudah menyaksikan "Aquaman" tentunya paham betul bahwa adegan ciuman antara Arthur Curry (Jason Momoa) dan Lady Mera (Amber Heard) disensor di bagian akhir film. Namun rupanya, kebijakan penyensoran ini rupanya juga terjadi di Arab Saudi, di mana hal tersebut dilakukan karena undang-undang badan sensor di masing-masing negara.

Menariknya, adegan sensor ini justru menjadi bahasan hangat di kalangan penggemar internasional. Pasalnya, meskipun pemotongan adegan ciuman tersebut tidak mempengaruhi jalan cerita film "Aquaman", namun adegan tersebut merupakan momen klimaks yang paling ditunggu oleh sebagian penonton.


Keputusan penyensoran ini mungkin saja bisa dimaklumi di Arab Saudi, mengingat bahwa selama ini negara tersebut dikenal memiliki undang-undang hiburan yang sangat ketat terkait konten seksualitas yang akan ditayangkan. Namun keputusan penyensoran ini dinilai tidak relevan jika diterapkan di Indonesia, mengingat bahwa adegan ciuman antara Ratu Atlanna dan ayah Arthur sebelumnya tidak disensor.

Menurut Comic Book, Indonesia memutuskan bahwa ciuman antara Arthur dan Mera terlalu vulgar untuk dilihat oleh remaja, dan memotong adegan dari film. Namun, yang aneh adalah bahwa lembaga sensor Indonesia tidak berpikir bahwa ciuman singkat antara Atlanna dengan Thomas Curry juga perlu dipotong.

"Aku tidak berpikir (adegan ciuman) itu berbeda dibandingkan dengan adegan ciuman Atlanna dan Tom (yang tidak dipotong). Satu-satunya perbedaan adalah, kamera memfilmkan Arthur dan Mera di depan banyak pemeran lainnya. Dan ternyata Indonesia menganggap itu berbahaya bagi anak-anak berusia 13 tahun," cuit salah satu penggemar.

Tak hanya itu, ada pula penggemar yang sempat melontarkan sindiran akibat hal ini. "Jadi, adegan ciuman antara Mera dan Arthur dalam paruh ketiga Aquaman disensor di Indonesia dan Arab Saudi. Ini adalah pertama kalinya aku merasa istimewa berada di Mesir," sindir penggemar tersebut.

Terlepas dari hal ini, Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia sendiri memang belum memberikan keterangan pasti. Namun tentunya "Aquaman" bukanlah film pertama yang membuat LSF menerima kritikan akibat masalah penyensoran ini.

You can share this post!

Related Posts