10 Permainan Online Termasuk Mobile Legends Dikabarkan Akan Diblokir, Kominfo Angkat Bicara
Nasional

Kabar yang beredar mengatakan bahwa Kominfo akan memblokir beberapa permainan elektronik per 31 Januari 2019.

WowKeren - Kabar pemblokiran sejumlah situs permainan online oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) cukup menggegerkan publik. Menanggapi banyaknya infografis yang beredar dan menunjukkan beberapa permainan online yang disebut akan diblokir ini, Kominfo angkat bicara.

Berdasarkan penjelasan Kominfo, kabar tersebut tidak benar alias hoaks semata. Beberapa infografis yang menjelaskan 10 permainan online yang akan diblokir dengan menyertakan logo Kominfo itu tidaklah benar.


"Awal tahun ini beredar hoaks dalam bentuk infografis dengan memuat logo Kementerian Komunikasi dan Informatika," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, melalui keterangan tertulisnya di situs resmi Kominfo pada Kamis (10/1). "Kementerian Kominfo menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau hoaks."

Dalam informasi yang banyak beredar tersebut, terdapat 10 permainan yang disebut akan diblokir, termasuk permainan yang tengah populer saat ini, Mobile Legends. Selain Mobile Legends, permainan lain yang disebut akan diblokir per 31 Januari 2019 ini seperti PUBG, Free Fire, Rules of Survival, Fortnite, Creative Destruction, CrossFire: Legends, Arena of Valor, Point Blank Online, dan Grand Theft Auto V.

Lebih lanjut, Ferdinan menjelaskan bahwa kabar hoaks mengenai pemblokiran sejumlah permainan online ini juga beredar pada tahun 2015 dan 2016 lalu. Kominfo menjelaskan bahwa pihaknya memang tengah menyasar penyesuaian konten permainan dengan kategori usia.

"Adapun konten yang berkaitan dengan kekerasan hanya diperbolehkan untuk permainan elektronik untuk kategori usia 13 tahun ke atas dengan batasan tertentu," sambung Ferdinan. "Di bawah 13 tahun tidak diperbolehkan adanya aksi atau tindakan kekerasan."

Popularitas Mobile Legends di Indonesia memang semakin meningkat. Pada bulan September tahun 2018 lalu, tercatat ada 50 juta orang yang menjadi pengguna aktif. Sementara itu, di dunia, permainan ini memiliki pengguna aktif sebanyak 170 juta. Diketahui, Indonesia merupakan kontributor terbesar pengguna permainan populer ini.

Mobile Legends sendiri merupakan permainan yang didesan untuk ponsel Android dan iOS yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Mobile Legends menampilkan puluhan hero, salah satunya adalah Gatotkaca yang merupakan tokoh pewayangan populer di Indonesia.

You can share this post!

Related Posts
Loading...