Pemerintah Kembali Buka Pendaftaran CPNS Maret 2019, Total Formasi Lebih Sedikit
Nasional

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membuka pendaftaran CPNS pada Maret 2019 mendatang.

WowKeren - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sudah mulai banyak diperbincangkan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), berencana membuka tes CPNS pada Maret 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh MenPan-RB, Syafrudin, usai melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (22/1). "2019 nanti Maret ada lagi penerimaan CPNS," tutur Syafrudin.


Meski demikian, jumlah penerimaan CPNS tahun ini tidak lebih banyak dari seleksi tahun lalu. Pada 2018, rekrutmen yang diterima mencapai jumlah 238 ribu orang untuk berbagai instansi pemerintah.

"Jumlahnya tidak sebanyak 2018," jelas Syafrudin. "Kalau 2018 mencapai 238 ribu, untuk 2019 sebanyak 100 ribu."

Mantan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) tersebut tidak menjelaskan secara rinci instansi pemerintahan apa saja yang membuka lowongan. Ia hanya menyebut penerimaan mirip dengan tahun 2018, namun jumlahnya tidak sebanyak itu.

"Seperti 2018," ujar Syafrudin. "Tapi jumlahnya tidak sebanyak 2018."

Syafrudin juga menjelaskan bahwa dalam rapat dengan Komisi II DPR hari ini, mereka membahas tentang evaluasi pelaksanaan penerimaan CPNS tahun lalu. Penerimaan CPNS 2018 merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah dan prosesnya juga berjalan lancar.

"Tidak ada gonjang-ganjing, mulus kok," jelas Syafrudin. "Paling mulus sepanjang pelaksanaan tes CPN. Dan itu yang terbanyak sebanyak sejarah, 238 ribu."

Penerimaan CPNS 2018 sendiri telah usai digelar. Posisi dibuka oleh beberapa instansi, dengan rincian 51.271 untuk formasi di instansi pusat dan 186.744 untuk instansi daerah.

Puluhan instansi kementerian dan juga lembaga telah mengumumkan hasil akhir tesnya. Pengumuman hasil akhir tes CPNS 2018 bisa dilihat dari situs resmi masing-masing instansi.

Sementara itu, rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau P3K juga akan dibuka dalam waktu dekat. Di tahap pertama yang akan diadakan dalam waktu dekat ini, rekrutmen hanya untuk tiga formasi bidang dan tenaga honorer jadi prioritas.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, menjelaskan bahwa rekrutmen pertama ini hanyalah pendaftaran tahap awal. Di mana formasi P3K yang akan diserap adalah tenaga di bidang pendidikan, kesehatan, dan penyuluh pertanian.

You can share this post!

Related Posts
Loading...