Suara dari Segmen Pemilih Muslim Menurun Drastis, PDIP Lakukan Evaluasi
Nasional

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan bahwa suara PDIP di basis pemilih muslim turun.

WowKeren - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan bahwa elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Januari 2019 di kalangan pemilih muslim hanya 18,4 persen. Angka tersebut merupakan penurunan drastis dibandingkan hasil survei pada Desember 2018 yang mencapai angka 24,6 persen.

Menanggapi hal tersebut, politikus PDIP sekaligus Ketua PP Baitul Muslimin, Faozan Amar, menjelaskan bahwa partainya akan menggelar evaluasi. Apa lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah di depan mata dan akan digelar kurang dari 2 bulan lagi.


"Hasil survei tersebut akan menjadi bahan evaluasi kami," ujar Faozan dilansir Republika, Kamis (21/2). "Sehingga dalam dua bulan ke depan bisa meraih kemenangan secara maksimal."

Tak hanya itu, PDIP juga akan fokus menjalankan program-program yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Hal tersebut dilakukan guna kembali meningkatkan suara di segmen pemilih Muslim.

"Ini juga akan terus kami rawat dan jaga dengan sebaik-baiknya," terang Faozan. "Dengan program dan aksi nyata sesuai dengan nilai-nilai religius pemilih Muslim."

Meski hasil survei LSI Denny JA menunjukkan penurunan suara, Faozan mengaku tetap merasa bersyukur. Pasalnya, PDIP tetap menduduki peringkat pertama perolehan suara di segmen pemilih Muslim.

"Kami bersyukur bahwa secara keseluruhan, di pemilih Muslim yang memiliki basis pemilih 85 persen," ujar Faozan. "Kami masih paling unggul dengan perolehan suara 18,4 persen."

Diketahui, posisi kedua dalam segmen pemilih Muslim ditempati oleh Partai Gerindra yang memperoleh suara sebesar 16,6 persen. Lalu disusul oleh Partai Golkar yang memiliki suara 11 persen.

Posisi keempat ditempati Partai Kebangkitan Bangsa dengan perolehan suara 9,3 persen. Dan di belakangnya ada Partai Demokrat yang memperoleh suara sebesar 5,9 persen.

Tak hanya unggul di kantong pemilih Muslim, PDIP juga berhasil memuncaki empat kategori suara lainnya. Keempat kantong suara tersebut yakni pemilih minoritas, milenial, masyarakat berpendapatan rendah, serta perempuan.

Di kalangan pemilik minoritas, PDIP mengumpulkan suara sebanyak 54,7 persen. Lalu di pemilih milenial, PDIP mendapat suara sebesar 20,1 persen.

Sementara itu, elektabilitas PDIP di pemilih berpendapatan rendah sebesar 22,8 persen. Terakhir, perolehan suara partai tersebut di pemilih perempuan mencapai 22 persen.

You can share this post!

Related Posts