Andika Kangen Band Beber Tantangan Terberat Selama Puasa Ramadan, Apa?
WowKeren/Fernando
Selebriti

Andika Kangen Band bercerita tak lupa memberi zakat fitrah saat bulan puasa Ramadan. Ia juga mempunyai alasan tersendiri lebih memilih memberi sembako daripada uang.

WowKeren - Sejauh ini ibadah puasa yang dijalani oleh Andika Kangen Band masih terkontrol dan lancar. Pria yang mendapat julukan "Babang Tamvan" ini juga mengucapkan syukur karena di bulan Ramadan ini masih mempunyai banyak rezeki.

"Berjalan dengan lancar, dengan apa adanya," ungkap Andika saat ditemui WowKeren di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Rabu (22/5). "Terima kasih juga hingga Ramadan saat ini masih dikasih rezeki."

Andika mulai bercerita tentang tantangan terberatnya selama puasa di bulan Ramadan. Bagi Andika, hari pertama hingga ketiga puasa adalah yang paling berat karena saat itu perutnya harus beradaptasi menahan lapar dan haus.

"Yang paling berat biasanya puasa hari pertama sampai ketiga, enggak berani keluar rumah karena normalin perut karena biasanya makan lahap dan ganas," sambung Andika. "Sekarang Alhamdulillah dengan puasa bisa diet, tapi nanti pas Lebaran gendut lagi."

Bukan menahan lapar, Andika mengaku kesulitan menahan rasa haus. Hal itu karena Andika juga kerap mengalami panas dalam.

"Gue itu paling berat tantangan puasa itu standar ya, enggak bisa minum doang, haus, sama panas dalam," beber Andika. "Gue nunggu-nunggu buka puasa langsung minum eh pas makan langsung perih karena sariawan."


Bagi Andika, panas dalam adalah penyakit yang selalu menjadi langganan saat puasa. Bahkan setelah mencoba berbagai cara untuk meminimalisir sariawan, Andika juga tak dapat menyembuhkan penyakitnya itu.

"Iya Ramadan penyakit panas dalam itu langganan," sambung Andika. "Katanya sih bisa dikurangi dengan mandi pagi pas Subuh abis Imsyak dan salat, tapi tetep aja enggak tembus, masih sariawan."

Saat disinggung soal menahawan hawa nafsu saat berpuasa, Andika mempunyai jawaban tersendiri. Pria kelahiran Lampung tahun 1988 ini menyebut cara menahan hawa nafsu setiap orang berasal dari keimanan masing-masing.

"Kalau hawa nafsu itu setiap orang pasti punya," kata Andika. "Tapi tergantung iman masing-masing. Semua orang pasti punya hawa nafsu, bohong kalau enggak punya hawa nafsu."

Andika pun tak lupa untuk berzakat saat puasa di bulan Ramadan. Ia mengaku lebih senang memberi sedekah berupa sembako daripada uang.

"Sebenernya enggak boleh disebutin sih dosa nih, tapi kalau gue sebulan sekali pasti ngeluarin biaya untuk sedekah, 2 minggu sekali ngeluarin beras," jelas Andika. "Kalau gue enggak fokus ngasih uang ya, jadi mending sembako, karena kalau uang bisa dikabur-kaburin."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait