Bukan Bom, Ledakan di Depan Kantor Kemenlu Diduga Akibat Powerbank
Nasional

Diduga powerbank yang disimpan di dalam bagasi sepeda motor meledak. Dugaan ini diperkuat dengan melelehnya bagian belakang kendaraan serta terbukanya jok pasca ledakan terjadi.

WowKeren - Terjadi ledakan keras di depan Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jalan Taman Pejambon, Senen, Jakarta, pada Rabu (7/8) siang. Ledakan itu begitu dahsyat hingga membuat api berkobar dan asap putih tebal terlihat di lokasi kejadian. Sempat dikira akibat bom, Kepolisian Jakarta Pusat menyebut sumber ledakan berasal dari sebuah sepeda motor yang terbakar.

Dilansir dari Suara, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan menyebut sepeda motor matic berjenis Yamaha Mio Soul GT lah yang terbakar dalam peristiwa tersebut. Diketahui motor berwarna merah itu memang berada di area parkir depan Gedung Garuda.

"Motor yang terbakar," jelas Harry. "Lagi dicek penyebabnya."

Usai ledakan itu, sejumlah orang di sekitar lokasi pun langsung berusaha memadamkan api. Mereka menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang berada di Kantor Kemenlu.

Sementara itu, seorang pegawai Kemenlu mengaku mendengar suara ledakan tersebut sekitar pukul 14.16 WIB. Setelah memeriksa di lokasi, ia pun membenarkan kabar bahwa ledakan berasal dari sebuah sepeda motor.


Berdasarkan selentingan yang terdengar, ledakan itu diduga akibat powerbank yang disimpan di bagasi sepeda motor. Dugaan ini diperkuat dengan kondisi jok sepeda motor yang terbuka pasca ledakan. Tekanan akibat ledakan dari bagasi motor itulah yang disinyalir membuat jok terbuka. Selain itu, bagian belakang sepeda motor itu juga tampak meleleh.

"Tiba-tiba ada bunyi ledakan," katanya, dilansir dari CNN Indonesia. "(Tapi itu) bukan ledakan kok, itu motor yang meletup doang. Katanya karena powerbank."

Informasi ini turut dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kemenlu, Teuki Faizasyah yang memantau di lokasi. "Iya benar, motor terbakar," katanya, dikutip dari Warta Melayu.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari kepolisian terkait penyebab ledakan tersebut. Polisi pun mengaku tengah mencari sosok pemilik sepeda motor. Sang pemilik akan dipanggil untuk memberikan keterangan terkait ledakan tersebut.

Atas kejadian ini, aktivitas di Kemenlu sempat terhenti sejenak. Namun hingga kini belum ada keterangan resmi soal korban yang ditimbulkan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru