Pedagang Jimat Banjir Orderan Jelang Seleksi CPNS 2019
Nasional

Para pedagang jimat di Jakarta Gems Center/JGC kebanjiran pesanan menjelang seleksi CPNS 2019. Diketahui, pendaftaran tes CPNS 2019 akan dibuka mulai 11 November mendatang.

WowKeren - Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pada 11 November mendatang. Para pejuang CPNS pun memenuhi sejumlah kebutuhan yang diperlukan untuk seleksi CPNS ini.

Selain buku latihan soal, ada benda unik yang juga laris manis menjelang seleksi CPNS 2019. Benda tersebut tak lain dan tak bukan adalah jimat.

Salah seorang pedagang jimat di Pasar Rawa Bening (Jakarta Gems Center/JGC) yang bernama David menilai bahwa masyarakat Indonesia masih sangat berkaitan dengan hal-hal mistis. Oleh sebab itu, JGC ramai dikunjungi menjelang tes seleksi CPNS serta Pemilu.

"Banyak yang cari jimat ke sini. Ya kita hanya menyediakan saja," tutur David di Jatinegara, Jakarta Timur, dilansir Kumparan pada Jumat (8/11). "Biasanya itu mereka (pembeli) sudah tahu kebutuhan jimat untuk tes apa saja."

Sebagian besar jimat yang dijual di lapak David berasal dari Jawa Timur. Berbagai macam jimat pun tersedia di sana.


Meski demikian, David telah mengingatkan bahwa jimat-jimat ini tidak akan menjamin pembelinya langsung lolos tes CPNS. David menyebut jimat sebagai media agar peserta tes lebih percaya diri.

Harga jimat yang dijual di JGC pun beraneka ragam, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 700 ribu. Setiap pedagang juga memiliki karakteristik jimat masing-masing.

Salah satu pedagang yang enggan disebutkan namanya menjelaskan bahwa ada sejumlah jimat yang bisa dibeli untuk menjalani seleksi CPNS, salah satunya adalah jimat isim. Jimat tersebut terbuat dari kulit sapi yang telah dijahit hingga berbentuk kotak.

"Ini saya jual Rp 30 ribu per biji," terang penjual tersebut. "Di dalamnya ada (batu) bacaannya. Kalau di lainnya beda-beda."

Senada dengan David, penjual tersebut juga menegaskan bahwa peserta tak bisa semata-mata mempercayai jimat belaka. Pasalnya, jimat hanya sekadar media dan bukan sebuah kekuatan yang dapat memastikan seseorang lulus seleksi CPNS. "Kekuatan ya tetap Allah SWT, kalau percaya ini (jimat) ya keluar dari jalur," pungkas penjual jimat tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru