Multifungsi, STNK Elektronik Juga Bisa Untuk Bayar Pajak Kendaraan
Nasional

Kapolri kembali akan mengeluarkan inovasi baru berupa STNK elektronik yang bisa digunakan untuk uang elektronik. Adapun kelebihan lainnya adalah dapat digunakan untuk membayar pajak kendaraan.

WowKeren - Korlantas Polri hendak meluncurkan inovasi baru usai Smart SIM diluncurkan pada 22 September 2019 lalu. Kali ini mereka akan membuat STNK berbentuk kartu yang dilengkapi chip yang memiliki fungsi serupa dengan Smart SIM.

Salah satu fungsi yang serupa dengan Smart SIM yaitu sebagai uang elektronik. Namun yang membedakan STNK elektronik adalah alat ini bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan.


Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigadir Jenderal Halim Pagarra mengatakan jika kemungkinan tersebut masih dibahas di internal kepolisian. Ia menambahkan jika terbosan baru STNK elektronik ini akan terealisasikan jika pihak Bank Indonesia menyetujui rencana tersebut.

"Rencana begitu (STNK elektronik untuk bayar pajak kendaraan tahunan)," kata Halim dilansir CNNIndonesia, Jumat (8/11). "Jadi dalam proses pembahasan karena belum rapat dengan pihak bank."

Halim mengatakan jika pihaknya sudah mendapatkan izin dari bank maka pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) BPKB memungkinkan menggunakan STNK kartu layaknya bertransaksi di pintu tol atau naik kereta, dan Transjakarta.

Seperti yang telah diketahui, beberapa waktu lalu Kapolri telah mengeluarkan Smart SIM yang dilengkapi oleh chip untuk menampung berbagai jenis informasi terkait data forensik pemilik SIM hingga riwayat pelanggaran lalu lintas yang dimiliki oleh pemilik.

Serupa dengan Smart SIM, STNK elektronik ini terindikasi mengandalkan tipe dompet digital (e-wallet) di mana akan ada dana yang tersimpan dalam chip. Teknologi chip yang ditanam pada STNK elektronik ini akan menyimpan data dan dana konsumen seperti yang dilakukan Flazz dan e-Money.

Sementara dompet digital Gopay, OVO, Dana dan lain menggunakan server untuk menyimpan data dan saldo konsumen. Adapun kelebihan lainnya yang dimiliki adalah tidak perlu mengakses internet untuk bertransaksi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...