Rudiantara Dikabarkan Jadi Calon Kuat Dirut PLN, Erick Thohir Akhirnya Buka Suara
Nasional

Mantan Menkominfo Rudiantara dikabarkan akan menjadi direktur utama salah satu BUMN besar di Indonesia, yakni PLN. Menteri BUMN Erick Thohir pun akhinya memberikan penjelasan.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dikabarkan menjadi calon kuat untuk menduduki jabatan Direktur Utama (Dirut) salah satu BUMN besar di Indonesia, yakni PT PLN. Kabar tersebut semakin menguat dengan adanya pernyataan dari Sekretaris Kabinet, Pramono Anung pada Senin (25/11) lalu.

Menurut Pramono, Rudiantara telah selesai menjalani fit and proper test dari Tim Penilai Akhir (TPA). "Mudah-mudahan segera dilantik, yang jelas saya sudah tanda tangan," kata Pramono Anung pada Senin (25/11).


Merespon kabar yang beredar tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir akhirnya buka suara. Erick kemudian memastikan bahwa dirinya belum mengantongi nama pasti untuk calon Dirut PT PLN. Erick juga belum membenarkan kabar mengenai pemilihan Rudiantara sebagai bakal kuat bos perusahaan pelat merah itu.

"Saya belum bisa bicara karena prosesnya belum disepakati," ujar Erick seusai rapat kerja bersama Komisi VI DPR pada Senin (2/11) kemarin. Sementara itu, Erick memastikan bahwa ia akan mengumumkan nama calon bos PLN jika sudah ada keputusan mengikat.

Selain Rudiantara, beberapa mantan menteri yang diisukan akan menjadi bos di BUMN menyusul Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Namun, saat dikonfirmasi mengenai kabar ini, Erick Thohir mengatakan bahwa ia belum pernah mendengar rumor itu.

Rudiantara sendiri sempat merespon kabar penunjukannya sebagai Dirut PLN. Ketika dikonfirmasi, ia tak menampik atau pun membenarkan kabar dari penunjukannya itu. "Barangkali ini rumor?" ujarnya saat dihubungi Tempo pada Jumat 22 November 2019 lalu.

Sementara itu, Mantan Dirut PT PLN yang terakhir yakni Sofyan Basir sempat dinyatakan menjadi tersangka kasus suap. Namun, setelah melalui proses pengadilan, ia divonis bebas. Namun, Erick sendiri belum memastikan apakah Sofyan akan kembali menjadi Dirut PT PLN atau tidak.

You can share this post!

Related Posts
Loading...