BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Pasien Konsultasi dengan Dokter Melalui 'Mobile JKN'
Nasional

BPJS Kesehatan memberikan pelayanan yang membantu masyarakat melakukan social distancinga. Layanan tersebut adalah Mobile JKN dimana pasien bisa berkonsultasi dengan dokternya.

WowKeren - Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat pemerintah menerapkan social distancing sebagai upaya untuk menekannya. Untuk mendukung ketetapan tersebut BPJS Kesehatan menerapkan pelayanan terbatas di seluruh kantor dan fasilitas kesehatan yang menjadi mitra.

Layanan tersebut tersedia dalam aplikasi Mobile JKN atau Care Center 1500 400. Ivonne F. Kalele selaku dokter keluarga mitra BPJS Kesehatan mengatakan dirinya telah mengunduh Mobile JKN sejak lama.

Ivonne menilai aplikasi tersebut mempermudah komunikasi dengan peserta JKN-KIS sehingga meminimalisir kontak langsung. "Saya sangat mendukung penggunaan aplikasi ini khususnya dengan adanya imbauan social distancing," ujarnya.


"Dengan fitur chat room, saya dapat melakukan kontak melalui media chat dengan peserta yang melakukan konsultasi kesehatan sehingga dimungkinkan meminimalisir kontak langsung dengan peserta," sambungnya. "Para dokter cukup memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan medis peserta."

Karena kemudahan tersebut, Ivonne pun memperkenalkan aplikasi tersebut pada peserta JKN-KIS yang terdaftar di FKTP tempatnya bertugas. Melalui Mobile JKN, ia dapat mengarahkan peserta untuk melakukan kunjungan ke tempat praktik atau tidak. Sehingga, pelayanan tetap bisa berjalan meskipun tak langsung.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan cabang Manokwari Meryta O.Rondonuwu mengungkapkan telah menginformasikan kepada peserta dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk menggunakan fitur konsultasi dokter di aplikasi Mobile JKN.

"Untuk mendukung pelaksanaan social distancing dalam rangka pencegahan penularan virus corona, kami telah menginformasikan kepada peserta JKN-KIS dan FKTP untuk menggunakan menu konsultasi dokter pada aplikasi Mobile JKN. Semoga fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta maupun seluruh penyedia pelayanan kesehatan di FKTP," paparnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait