Bikin Geram, Pria Ini Gunakan APD Untuk Bermain Skateboard Demi Viral
Nasional

Di tengah kelangkaan stok alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis, seorang pria justru menggunakannya alat tersebut untuk bermain skateboard. Tentunya hal ini membuat geram Persatuan Perawat Nasional Indonesia.

WowKeren - Melonjaknya penyebaran virus corona di Indonesia membuat persediaan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis menipis. Bahkan tak sedikit dari para dokter dan tenaga medis yang menangani pasien corona dengan menggunakan jas hujan hingga kantong plastik karena kekurangan APD.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia meminta masyarakat dapat menunjukkan rasa empati di tengah kondisi saat ini. Hal ini disampaikan guna menanggapi viralnya video pria bermain skateboard dengan kostum APD.

"Pertama, haknya mereka ya. Tapi kalau dari sisi kondisi ya, di mana kita kekurangan APD, saya kira harus empatilah dengan kondisi hari ini," kata Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia Harif Fadhilah, Kamis (26/3).

Harif kemudian menerangkan bahwa perlengkapan APD diperuntukkan bagi seseorang yang berinteraksi langsung dengan pasien yang berstatus diisolasi atau digunakan di ruang isolasi. "APD itu digunakan hanya untuk menghadapi pasien di satu tempat yang memang sudah ada syaratnya," jelasnya.


"Maksudnya diisolasi, di UGD triase. Misalnya dirawat jalan atau poliklinik itu kan tidak menggunakan (pelindung diri) lengkap seperti itu," sambungnya. "Tidak semua tempat di seluruh bagian rumah sakit bisa menggunakan seperti itu."

Bikin Geram, Pria Ini Gunakan APD Untuk Bermain Skateboard Demi Viral

Instagram

Ia pun mengomentari bahwa aksi yang dilakukan pria yang viral tersebut sangatlah tidak bijaksana. "Nah apalagi dipakai di pasar, main skateboard, itu hanya lelucon saja. Membuat lelucon seperti itu saat ini kan nggak bijak," tuturnya. "Itu hak mereka, tapi harus empatilah. Mungkin dia mau dapat banyak (penonton) dari YouTube."

Sementara itu, pemerintah telah menyalurkan sebanyak 151.000 dari total 170.000 stok APD yang ada di Gudang Nasional Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta ke berbagai daerah. Proses distribusi ini sendiri dilakukan dengan bantuan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru