Puncak Karier
Selebriti

IU merayakan ulang tahun hari ini, 16 Mei. Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier penyanyi sekaligus aktris kelahiran 1993 tersebut.

WowKeren - IU merilis "Nagging", duet bersama Seulong 2AM pada 3 Juni 2010. Single ini debut di dua belas di Gaon Digital Chart dan naik ke posisi nomor satu minggu berikutnya, di mana ia tetap selama tiga minggu. Lagu ini populer di program musik, di mana ia memenangkan penghargaan Mutizen di "Inkigayo" SBS dan berada di peringkat pertama di "Music Bank" KBS. Ini adalah awal puncak karier IU di dunia musik.

Untuk menjaga agar terus dikenal publik, IU bergabung dengan variety show "Heroes" yang ditayangkan mulai 18 Juli 2010 hingga 1 Mei 2011. Ia kemudian debut akting melalui "Dream High" sebagai Kim Pil Sook, seorang gadis sekolah yang pemalu dan kelebihan berat badan yang bercita-cita menjadi penyanyi profesional. Berkat perannya ini, ia memenangkan penghargaan aktris terpopuler saat itu.

IU telah menerima lebih dari 200 nominasi, memenangkan lebih dari 70 nominasi. Ia telah memenangkan sebelas Melon Music Awards, sembilan Gaon Chart Music Awards, lima Korean Music Awards, lima Mnet Asian Music Awards, lima Seoul Music Awards, dan tiga Golden Disc Awards. Ia juga telah memenangkan beberapa penghargaan di bidang akting seperti aktris pendatang baru terbaik di KBS Drama Awards 2014 untuk penampilannya dalam "You're the Best, Lee Soon Shin".

IU telah menerima lima penghargaan Daesang, juga dikenal sebagai penghargaan hadiah utama, dari berbagai acara penghargaan termasuk tiga penghargaan Daesang dari Melon Music Awards. Pada 2012, IU disebut sebagai salah satu orang paling berpengaruh di Korea Selatan oleh daftar Selebriti Kekuatan Forbes Korea. Selain itu, IU mendapat kehormatan di Penghargaan Budaya & Seni Pop 2015, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea atas pengaruh dan keberhasilannya di industri musik.

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts