Kembali Dibuka Awal Juni, Mal di Jakarta Hanya Beroperasi 9 Jam Sehari
Nasional

Sebelumnya, pusat perbelanjaan buka mulai jam 10 pagi hingga 10 malam. Namun di transisi new normal ini, jam tersebut akan berubah mulai 11.00 hingga 20.00 saja.

WowKeren - Puluhan mal yang ada di Jakarta direncanakan akan kembali dibuka pada 5 Juni mendatang. Sebelumnya, pusat perbelanjaan sempat tutup dalam rangka mengikuti penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Meski demikian, jam operasional mal akan mengalami perubahan. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan mal hanya beroperasi sembilan jam pada masa transisi new normal.

Sebelumnya, pusat perbelanjaan buka mulai jam 10 pagi hingga 10 malam. Namun di transisi new normal ini, jam tersebut akan berubah mulai 11.00 hingga 20.00 saja.

Kendari demikian, jam operasional tersebut akan disesuaikan dengan masing-masing kondisi pengelola mal. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat.


"Penyesuaian untuk tahap new normal transition period akan ditentukan oleh pihak pengelola mal masing-masing," kata Ellen dilansir CNN Indonesia, Selasa (26/5). "Umumnya akan dicoba buka pukul 11.00 sampai 20.00 WIB."

Selain perubahan jam operasional, mal juga akan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19. Setidaknya, Ellen mengatakan akan ada 60 mal yang siap untuk buka Juni nanti tanggal 5, lalu beberapa akan menyusul pada tanggal 8.

Adapun rencana pembukaan mal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 489 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Setelah PSBB berakhir maka asosiasi siap kembali mengoperasikan pusat perbelanjaan. "Selama ikut protokol kesehatan (mal bisa beroperasi). Soalnya PSBB yang sudah cukup lama ini membuat ekonomi tidak bergerak," tutur dia.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru