Skenario New Normal Kian Bergema di Tengah Pandemi, Pengusaha Buka Suara
Getty Images
Nasional

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menilai jika perekonomian memang tetap harus berjalan namun penting juga untuk memperhatikan timing yang tepat.

WowKeren - Skenario new normal kian bergema di tengah pandemi corona (COVID-19) yang masih melanda Indonesia. Dalam skenario ini, masyarakat akan "hidup berdampingan" dengan virus corona.

Pengusaha pun buka suara mengenai hal ini. Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menilai jika perekonomian memang tetap harus berjalan. Kendati demikian, harus benar-benar diperhatikan mengenai kapan waktu pembukaannya.

"Memang perekonomian ini mesti bisa berjalan kembali lagi," kata Rosan dilansir detikcom, Selasa (26/5). "Tapi waktu dan timing-nya sangat penting ya kapannya itu."

Menurutnya, angka penularan virus corona di Indonesia masih tergolong tinggi. Aktivitas perekonomian, dikatakannya, baru bisa dibuka jika grafik penularannya sudah mulai melandai. Pembukaannya harus dilakukan secara bertahap.


"Kalau dilihat, sekarang ini masih tinggi yang kena (virus corona)," lanjut Rosan. "Malah dalam beberapa hari ini menjadi rekor tinggi. Mungkin kalau sudah ada menurun dan melandai bisa dibuka bertahap."

Selain itu perlu juga adanya evaluasi secara periodik. "Jangan dibuka langsung juga, harus ada tahapannya dulu dan setelah dibuka ada evaluasinya. Misal di buka satu dua minggu sektor apa misalnya, lalu dievaluasi," kata Rosan.

Jika pemerintah berencana membuka sektor ekonomi secara luas, maka harus dilakukan sektor demi sektor secara bertahap. "Mungkin pemerintah sudah melihat segala sisi, tapi ya jangan dibuka langsung juga, harus bertahap," imbuh Rosan.

Terkait pembukaan skenario new normal ini, Rosan mengatakan sudah ada sejumlah negara yang melakukannya. Oleh sebab itu, pemerintah bisa mencontoh dari negara lain.

"Menurut kami sih kebanyakan di negara lain kan sudah banyak yang buka lagi dengan catatan COVID-19 sudah melandai," jelas Rosan. "Pemerintah harus banyak belajar dari sana, dari yang sudah landai. Yang ekonomi dibuka lebih dulu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru