Perut Buncit Bikin Enggak Percaya Diri? Sontek 8 Tips Ini Untuk Membuatnya Rata Secara Alami
Lifestyle

Perut buncit sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Dalam kondisi yang parah, perut buncit bahkan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang serius. Karena itu, penting untuk membuatnya kembali rata dengan 8 tips ini.

WowKeren - Perut tergolong cukup mudah untuk melar. Pasalnya bagian tubuh satu ini memiliki elastisitas yang tinggi dan sangat mudah berlemak. Faktanya, perut buncit tak hanya dialami oleh mereka yang obesitas maupun memiliki berat badan berlebih. Sebab orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus juga bisa mengalami kondisi ini.

Perut buncit kerap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Tak hanya itu, beberapa penelitian membuktikan bahwa perut buncit yang parah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang serius seperti stroke, diabates hingga serangan jantung. Oleh sebab itulah penting untuk mengecilkan perut demi penampilan dan kesehatan kita.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk mengecilkan perut yang buncit. Apa kamu juga mengalami masalah ini? Jika iya, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips mengecilkan perut buncit secara alami. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Konsumsi Teh Hijau


Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman menyehatkan dengan banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk mengecilkan perut buncit. Teh hijau mengandung kafein dan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat mempercepat metabolisme serta efektif dalam membakar lemak perut. Selain itu, teh hijau juga kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Agar bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal, sebaiknya konsumsi teh hijau tanpa gula secara rutin sebelum makan. Dengan meminumnya sebelum makan, perut akan terasa lebih kenyang sehingga porsi makanmu akan berkurang. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi teh hijau sebelum olahraga karena bisa mengecilkan perut dengan maksimal.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah


Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan merupakan makanan rendah lemak dengan sedikit kalori dan tinggi serat. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu mengikat air sehingga pencernaan akan berlangsung dengan lebih baik untuk melarutkan serat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen serta mengurangi 4 persen lemak di perut.

Di antara jenis buah yang baik untuk melawan lemak dan mencegahnya bertambah besar adalah buah-buahan beri. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah yang mengandung potasium seperti alpukat, pisang, pepaya dan yoghurt. Pasalnya potasium bisa membantu mengurangi penimbunan air dalam perut.

3. Konsumsi Madu dan Jahe


Konsumsi Madu dan Jahe

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit secara alami adalah dengan mengkonsumsi madu dan jahe. Madu mengandung zat fruktosa yang dapat membakar lemak tubuh secara langsung. Sedangkan jahe dapat menekan nafsu makan secara alami, sehingga mampu mengurangi asupan makan dan membuatmu tak mudah merasa lapar.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama, campurkan 3 sendok makan madu dan 3 sendok makan perasan air jahe ke dalam gelas yang berisi air panas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan ini secara rutin 2 kali sehari.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi teh biasa yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Cara membuatnya mudah, yakni seduh teh dan campurkan perasan 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Konsumsi minuman ini secara rutin sampai perut kembali rata.

4. Makan dengan Porsi Kecil dan Tidak Makan Menjelang Tidur


Makan dengan Porsi Kecil dan Tidak Makan Menjelang Tidur

Salah satu cara paling mudah untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan makan dalam porsi kecil. Ubah pola makan dengan jarak selama 2 hingga 3 jam dengan porsi yang kecil. Tips ini dapat mencegah lingkar perut semakin melebar dan lemak akan lebih banyak dibakar.

Selain itu, sebaiknya jangan makan menjelang tidur. Jika kamu tidur dalam keadaan perut penuh, tubuh tidak akan membakar lemak secara efisien. Hal ini akan menambah semakin banyaknya timbunan lemak di perut.

Idealnya, diperlukan waktu selama dua jam bagi makanan untuk diproses dalam tubuh. Oleh sebab itu tunggu selama dua hingga tiga jam untuk tidur setelah makan. Hindari juga langsung berbaring setelah makan, karena dapat menyebabkan risiko terkena refluks lambung dan gangguan pencernaan. Jika kamu benar-benar lapar sebelum tidur, lebih baik konsumsi buah-buahan yang lebih menyehatkan.

5. Batasi Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi


Batasi Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dengan cepat, namun tidak jika dikonsumsi secara berlebihan. Saat seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan, organ hati tidak sanggup mengolah semua dan fruktosa terpaksa dijadikan lemak. Akibatnya, akan terjadi akumulasi lemak pada bagian perut dan hati. Hal inilah yang akan membuat perut kamu membuncit.

Sebaiknya konsumsi makanan manis dengan komposisi gula yang wajar. Alih-alih mengkonsumsi banyak makanan manis, kamu bisa makan camilan yang lebih menyehatkan seperti kacang-kacangan. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak dua kali seminggu akan lebih mudah menjaga berat badannya.

6. Hindari Minuman Bersoda dan Alkohol


Hindari Minuman Bersoda dan Alkohol

Apa kamu sering minum minuman bersoda? Jika iya, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini sekarang. Dalam satu kaleng kecil minuman bersoda, terkandung 140 kalori. Sedangkan soda dengan ukuran yang jauh lebih besar, bisa mengandung kalori dua kali lipat lebih banyak. Karena itulah, menghindari minuman bersoda merupakan salah satu cara tepat untuk membuat perut tidak buncit.

Selain minuman bersoda, minuman beralkohol juga menjadi pemicu perut buncit. Pasalnya minuman memabukkan satu ini mengandung gula dan kalori yang sangat banyak dan berlebihan bagi kesehatan tubuh. Jika kamu sudah terlanjur menjadi pecandu alkohol, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan ini dan ganti dengan mengkonsumsi minuman yang lebih sehat seperti infused water.

7. Rutin Olahraga


Rutin Olahraga

Salah satu penyebab perut buncit adalah karena kita jarang berolahraga. Otot-otot yang jarang digunakan dan dilatih membuat pembakaran lemak dan kalori sangat minim sehingga perut akan mudah membuncit. Apalagi jika kamu hanya duduk, makan, beraktivitas di depan komputer, bermain gadget dan rebahan saja.

Oleh sebab itu sebaiknya banyak olahraga maupun latihan kecil untuk mengecilkan perut yang buncit. Kamu bisa melakukan olahraga cardio yang membuat otot-otot bekerja dengan maksimal. Kamu juga bisa melakukan yoga yang mampu membuat tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Dan jika ingin mengecilkan perut dalam waktu yang singkat, sebaiknya lakukan 10 kali sit up dan 10 kali push up secara rutin setiap hari.

8. Istirahat Secara Teratur


Istirahat Secara Teratur

Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab munculnya perut buncit. Idealnya orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur malam selama 7 hingga 8 jam. Jika kamu tidur kurang dari waktu tersebut, tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat yang dapat menyebabkan timbunan lemak di bagian perut semakin banyak. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu istirahat dan tidur secara teratur selama 7 sampai 8 jam setiap hari ya.

Demikian delapan tips mengecilkan perut buncit secara alami yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menghilangkan mata ikan secara alami. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan vagina yang gatal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait