Produksi Air Liur yang Sedikit
Health

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami karies gigi. Dengan mengetahui penyebabnya, orangtua dapat melakukan beberapa langkah pencegahan agar si kecil tidak sampai mengalami kondisi tersebut.

WowKeren - Kekurangan air liur juga dapat menyebabkan karies gigi pada anak. Pasalnya air liur dapat membantu mencegah kerusakan gigi karena ia bisa membersihkan gigi dari plak dan makanan. Zat yang ada pada air liur juga dapat membantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri. Sehingga jika produksi air liur sangat sedikit, sisa-sisa makanan, kotoran dan bakteri akan menetap di mulut yang memicu timbulnya karies gigi.

Untuk itu, orangtua perlu memastikan agar produksi air liur anak berjalan dengan normal untuk menjaga kelembaban pada rongga mulut dan membantu mengurangi bakteri agar gigi terhindar dari pembusukan. Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian si kecil dengan cukup dan hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol. Namun jika kondisi karies gigi pada anak semakin memburuk, sebaiknya bawa mereka ke dokter untuk menerima perawatan.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru