Bekasi Zona Kuning, Wali Kota Izinkan 4 Sekolah Gelar KBM Tatap Muka
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menilai Kota Bekasi masih masuk dalam zona kuning. Namun Wali Kota Bekasi baru-baru ini mengizinkan 4 sekolah untuk menggelar KBM tatap muka.

WowKeren - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sudah menetapkan instansi pendidikan mana saja yang berhak menggelar kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka. Pasalnya KBM tatap muka sangat riskan diadakan di tengah pandemi Corona, sehingga hanya instansi pendidikan di zona hijau yang boleh kembali beroperasi normal.

Salah satu yang belum berstatus zona hijau adalah Kota Bekasi, Jawa Barat. Seperti diungkap oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (2/7) pekan lalu bahwa daerah Bodebek masih berstatuskan zona kuning dan dinamis mengikuti perkembangan situasi di DKI Jakarta.


Namun di tengah situasi itu rupanya Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengizinkan beberapa sekolah untuk kembali melakukan KBM secara tatap muka. Effendi sendiri mendasarkan keputusannya lantaran angka penularan COVID-19 di Kota Bekasi yang sudah di bawah angka satu.

"Kita persilakan (kembali beroperasi), nanti dua minggu sekali kita evaluasi," ujar Effendi saat mengunjung Sekolah Victory Kemang Pratama, Bekasi Timur, Selasa (7/7). "Saya berikan kesempatan sampai dengan tanggal 13 (Juli 2020), Kadisdik untuk menginformasikan (sosialisasi ke sekolah lainnya terkait protokol pencegahan)."

Effendi sendiri mengistilahkan sekolah-sekolah yang telah diberikan izin beroperasi normal ini sebagai role model. Menurutnya sekolah itu pun telah mempersiapkan yang terbaik untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19, seperti mewajibkan setiap elemen sekolah mencuci tangan sampai pengecekan suhu tubuh setiap kali hendak masuk.

Sekolah pun menerapkan physical distancing, terbukti dari adanya tanda dan marka yang tersebar. Selain itu meja di kelas pun telah ditata sedemikian rupa sehingga hanya menampung setengah kapasitas dari biasanya, serta menyiapkan hand sanitizer dan pembatas demi menghindari kontak fisik antarsiswa.

Selain itu, waktu sekolah pun telah dibagi dalam dua shift. Shift pertama pukul 07.50 WIB sampai 11.00 WIB, sedangkan shift kedua pukul 12.50 WIB sampai 16.00 WIB.

Sebelumnya Wakil Walkot Bekasi, Tri Adhianto, juga mengonfirmasi perihal sekolah role model yang diperkenankan buka ini. Total ada 2 sekolah negeri dan 2 sekolah swasta, yakni SMP Victory Plus, SMPN 2 Kota Bekasi, SDN Pekayon Jaya 6, dan SD Al-Azhar.

Pemerintah Kota Bekasi menilai keempat sekolah ini sudah masuk di zona hijau alias tanpa kasus positif Corona. "Data kita per RW dan sekolah yang dijadikan rujukan dalam zona hijau," tutur Tri, dikutip dari Detik News.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts