Penuh Zat Besi Dan Vitamin, Ini 8 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Anemia
Thinkstock
Health

Jika kalian mengidap anemia, sebaiknya konsumsi makanan tinggi zat besi ini agar jumlah sel darah merah semakin bertambah. Selain itu asupan gizi yang lain juga wajib dipenuhi. Apa saja?

WowKeren - Kurang darah atau yang sering disebut anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Anemia bisa juga terjadi ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Penderita anemia biasanya pucat dan mudah lelah, hal ini karena organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen.

Anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang, dengan tingkat keparahan yang bisa ringan sampai berat. Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen.

Jika kalian mengidap anemia, sebaiknya konsumsi makanan tinggi zat besi ini agar jumlah sel darah merah semakin bertambah. Selain itu asupan gizi yang lain juga wajib dipenuhi. Apa saja? berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh pengidap anemia. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bayam


Bayam
Pixabay

Diantara semua jenis sayuran hijau, bayam menjadi sayuran yang paling baik untuk penderita anemia. Hal ini karena bayam tinggi kandungan vitaminnya. Kandungan vitamin A, vitamin B19, vitamin C, vitamin E dan kalsium dalam bayam memiliki banyak manfaat untuk pengidap anemia.

Yang paling penting, kandungan serat, beta karoten dan zat besi dalam bayam bisa mencegah tubuh dari kekurangan sel darah merah. Saat mengolah bayam, hindari memasaknya terlalu lama karena berisiko menghapus nutrisinya. Pengidap anemia berat bisa konsumsi bayam sebanyak dua kali dalam satu hari.

2. Kacang Polong


Kacang Polong

Kekurangan kandungan folat dalam tubuh juga dapat menyebabkan anemia. Asam folat atau vitamin B9 adalah nutrisi yang bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Untuk mencegahnya maka cobalah untuk mengonsumsi kacang polong yang merupakan makanan memiliki kandungan folat tinggi. Mengonsumsi satu cangkir kacang polong dipercaya dapat membantu mencegah anemia.

3. Daging Merah


Daging Merah
Pixabay

Daging merah diketahui kaya akan vitamin B12 yang baik pembentukan hemoglobin. Menurut ahli, pengidap anemia dianjurkan untuk rutin mengonsumsi daging merah sebanyak 2–3 kali dalam satu kali. Namun meski begitu, pastikan kalian mengkonsumsi daging merah tanpa lemak atau mengandung sedikit lemak.

Pastikan untuk mengolah daging merah dengan benar agar tidak menghilangkan nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan daging sebelum di masak dan pastikan sampai benar-benar matang ya.

4. Hati Sapi


Hati Sapi
Pixabay

Hati sapi menjadi salah satu makanan yang sangat bermanfaat untuk penderita anemia. Hal ini karena hati sapi mengandung zat besi dan vitamin B12. Kekurangan asupan zat besi justru mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.

Sementara vitamin B12 mampu meningkatkan fungsi sumsum tulang agar lebih banyak menghasilkan sel darah merah normal. Apabila kalian kekurangan vitamin B12, sel darah merah yang dihasilkan tubuh bisa tidak normal bentuknya cenderung oval dan tidak bulat pipih.

5. Ikan Laut


Ikan Laut
Pixabay

Ikan laut juga kaya akan omega-3, protein, dan zat besi yang tentunya baik untuk kamu penderita darah rendah. Kalian juga bisa mengkonsumsi makanan olahan laut lainnya seperti kerang, ikan, hingga udang. Kalian bisa disajikan makanan tersebut sebagai lauk harian guna menambah asupan darah ke tubuh.

Sama halnya dengan daging, perlu diingat juga batasi jumlah konsumsinya agar terhindar dari kolesterol. Selain itu, bagi yang kalian yang memiliki tekanan darah tinggi juga sebaiknya hindari olahan laut atau kurangi jumlah garamnya.

6. Telur


Telur
Pixabay

Satu butir telur ternyata mengandung 1.02 miligram zat besi. Tentunya, ini menjadi kabar baik bagi pengidap anemia. Selain mudah didapatkan, telur ternyata ampuh mengurangi gejala anemia.

Bukan hanya zat besi, telur juga terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Telur juga mudah diolah menjadi berbagai menu masakan. Namun, akan lebih baik jika kalian mengonsumsinya dengan cara direbus dan bukannya digoreng. Kalian juga harus memerhatikan porsi makan telur ya.

7. Tomat


Tomat
Pixabay

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang penting senantiasa dipenuhi jika kalian memiliki anemia. Tomat menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi jika kalian memiliki anemia. Tomat banyak mengandung vitamin C dan likopen yang bekerja efektif dalam mempercepat penyerapan zat besi. Selain kaya akan vitamin C, tomat juga mengandung zat besi yang cukup tinggi sekitar 3,39 miligram setiap satu cangkirnya.

Fakta lainnya, ternyata tomat juga berperan meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Untuk memaksimalkan manfaat tomat, kamu bisa mengonsumsinya satu kali setiap hari. Kamu bisa konsumsi tomat dengan mencampurnya ke dalam makanan lain, dibuat jus tanpa gula, atau dimakan langsung.

8. Biji-bijian


Biji-bijian
Deposit Photos

Kacang-kacangan dan biji-bijian sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia karena kaya akan vitamin E. Vitamin E punya fungsi penting untuk melindungi membran sel darah merah dari kerusakan oksidatif. Meski sangat jarang terjadi, kasus kekurangan vitamin E ternyata dapat meningkatkan risiko anemia hemolitik.

Selain itu, sumber zat besi yang tak terduga lainnya berasal dari serealia (seperti gandum, beras coklat) dan kacang-kacangan (seperti kedelai, kacang polong dan kacang almond, dan kacang mede). Serealia dan kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi yang sedang, sekitar 2-3 mg setiap 85 gram loh.

Intip juga yuk beberapa tips dalam artikel ini jika kalian pengidap anemia yang ingin berpuasa agar enggak pusing dan lelah. Selain itu kalian bisa melihat beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di sini.

You can share this post!

Related Posts