Jokowi Puji 5 Provinsi Ini Paling ‘Bertaji’ Tangani Corona, Mana Saja?
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Joko Widodo memberikan pujiannya kepada lima provinsi ini yang dinilai menjadi yang terbaik dalam menangani pandemi virus corona (COVID-19). Mana saja?

WowKeren - Indonesia memang masih dalam situasi krisis akibat pandemi virus corona (COVID-19). Kenaikan kasus COVID-19 di Tanah Air juga masih sangat tinggi setiap harinya. Meski demikian, Presiden Joko Widodo baru saja memberikan apresiasinya kepada sejumlah provinsi yang dinilai paling baik menangani pandemi.

Jokowi mengungkapkan ada 5 provinsi yang telah menunjukkan penanganan virus corona dengan baik dan sukses. Kelima daerah ini dinilai berhasil mengendalikan laju sebaran virus corona berdasarkan parameter Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.


Provinsi yang dinilai paling baik dalam menangani pandemi virus corona di Tanah Air adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Posisi kedua ada Bangka Belitung, ketiga Aceh, keempat Sumatera Barat (Sumbar) dan kelima Gorontalo.

”Saya mengapresiasi kerja provinsi-provinsi, Bapak-Ibu sekalian para Gubernur dan dalam penanganan COVID-19,” kata Jokowi ketika memberikan pengarahan di depan para gubernur di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat pada Rabu (15/7). “Ini dari seluruh parameter yang kita miliki memang DIY (DI Yogyakarta) yang paling baik, Pak Wagub, nggih.”

”Bangka Belitung, juga masuk, Ini yang 5 besar terbaik. Bangka Belitung, Pak Gub Aceh juga masuk. Yang ketiga Sumbar juga masuk, dan Gorontalo. Ini dengan parameter-parameter yang dimiliki oleh Gugus Tugas Pusat.”

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga turut memuji penanganan pandemi virus corona di wilayah Papua Barat. Ia mengapresiasi angka kesembuhan pasen COVID-19 di Papua Barat yang cukup tinggi.

”Tapi yang lain saya lihat juga pengendaliannya baik. Saya tadi baru berbicara misalnya dengan Pak Gubernur Mandacan-Papua Barat,” ungkap Jokowi. “Pengendaliannya yang sembuh banyak dan yang meninggal 4 (orang).”

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut mengungkapkan target dunia saat ini yang fokus dalam menekan angka kematian akibat virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. “Ini, yang sekarang ini, target dunia itu sekarang bagaimana menekan angka kematian,” papar Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak seluruh pemimpin wilayah untuk bekerja keras dalam meningkatkan angka kesembuhan. Ia mengaku jika pemerintah saat ini masih terus berupaya dalam menekan laju penyebaran virus corona agar positivity rate-nya semakin menurun.

“Yang kedua, bagaimana tingkat kesembuhannya setinggi-tingginya,” terang Jokowi. “Dua ini yang sekarang dikejar oleh negara-negara di dunia karena apa, mengendalikan COVID-19-nya, kasus positifnya sangat sulit, penekanannya ada di dua hal itu.”

”Tapi kalau bisa tiga-tiganya, kasus positifnya turun, berarti positivity rate-nya turun,” sambungnya. “Persentasenya juga turun tetapi angka kesembuhan dinaikkan, angka kematian diturunkan serendah-rendahnya. Bukan barang yang gampang tapi sekali lagi, ini bukan barang yang gampang.”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts