SKB CPNS Siap Dimulai September, KemenPAN-RB Beri Bocoran Materi Tes
Nasional

SKB CPNS Tahun Anggaran 2019 kembali dilanjutkan, dengan tahap tes dimulai pada September hingga Oktober 2020. KemenPAN-RB memberikan sedikit 'bocoran' materi tes yang akan diujikan.

WowKeren - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2019 kembali berjalan setelah berhenti sementara akibat COVID-19. Sedianya akan berlanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dimulai pada September hingga Oktober 2020 mendatang.

Tentu semua peserta harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa mendapat hasil maksimal, bukan? Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pun baru-baru ini memberikan bocoran perihal materi yang mungkin akan diujikan di seleksi tersebut.

Hal ini disampaikan oleh KemenPAN-RB lewat berkas "Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk Seleksi CPNS TA. 2019". Dalam beleid yang dirilis pada Senin (10/8) itu tercantum materi utama yang akan diujikan pada SKB.

Dilansir dari suratnya, secara garis besar terdapat perbedaan untuk pelaksanaan tes SKB sesuai dengan golongan jabatannya. Kedua kelompok ini adalah jabatan pelaksana dan jabatan fungsional.


"PANSELNAS memberikan Materi Pokok Soal SKB dengan CAT untuk jabatan fungsional," tulis KemenPAN-RB dalam surat tersebut, dilansir Selasa (11/8). "Yang disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional."

"Sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang bersesuaian (masih satu rumpun) dengan jabatan fungsional terkait," imbuh KemenPAN-RB. "Sesuai yang tercantum pada Permenpan No. 23 Tahun 2019 mengenai Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019."

Nantinya, materi pokok ini akan dijabarkan lebih lanjut di soal-soal sesuai dengan jabatan yang dilamar peserta. Namun SKB tak hanya melibatkan tes CAT selayaknya seleksi kompetensi dasar (SKD), tetapi ada juga tes lain berupa wawancara hingga psikotest, sekali lagi menyesuaikan dengan jabatan yang akan diemban.

Di sisi lain, SKB merupakan tahap yang sangat menentukan untuk seseorang bisa menjadi CPNS atau tidak. Bobot penilaian SKB terhadap peserta CPNS bisa mencapai 60 persen, yang kemudian akan "diimbangi" dengan hasil SKD sebesar 40 persen. Bagaimana, apakah kalian sudah siap para pejuang NIP?

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait