Seru dan Minim Interaksi, 7 Perlombaan HUT RI Ini Cocok Dimainkan di Tengah Pandemi Corona
SerbaSerbi

Penyelenggaraan lomba untuk memperingati HUT RI tahun ini akan sulit dilakukan karena dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona. Meski demikian, ada beberapa lomba seru dan minim interaksi yang tetap bisa Anda lakukan. Penasaran apa saja itu?

WowKeren - Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 akan segera tiba. Namun karena pandemi virus Corona, peringatan HUT RI tahun ini akan terasa berbeda dari sebelumnya. Lomba Agustusan yang biasanya dijadikan ajang keseruan dan kumpul bareng tetangga kali ini akan sulit dilakukan, karena kerumunan dan interaksi dengan banyak orang dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona.

Tapi bukan berarti kita tak bisa memeriahkan peringatan Kemerdekaan Indonesia tahun ini. Ada berbagai alternatif lomba yang dapat dilakukan tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang. Tentunya dibutuhkan ide kreatif agar lomba tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan meghadirkan beberapa rekomendasi lomba seru yang bisa dimainkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi virus Corona. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Membuat dan Menghias Masker


Membuat dan Menghias Masker

Masker menjadi salah satu peralatan yang wajib digunakan saat beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi virus Corona. Oleh sebab itu, pasti seru jika Anda mengajak para tetangga untuk mengadakan lomba membuat dan menghias masker.

Minta peserta lomba untuk membuat masker kain sederhana yang dijahit dengan tangan. Bebaskan mereka berkreasi untuk membuat dan menghiasnya serta jangan lupa untuk memberikan peraturan tertentu. Bila sudah, masker tersebut boleh disimpan oleh masing-masing peserta atau sumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan di luar sana.

2. Membuat Video Kreatif tentang Protokol Kesehatan COVID-19


Membuat Video Kreatif tentang Protokol Kesehatan COVID-19

Di era teknologi seperti saat ini, mengadakan lomba yang berkaitan dengan konten kreatif bisa menjadi pilihan yang tepat. Agar bermanfaat dan sesuai dengan masa pandemi, sebaiknya adakan lomba membuat video kreatif tentang protokol kesehatan COVID-19. Pasalnya saat ini masih ada banyak masyarakat yang cenderung menganggap remeh virus Corona dan enggan menerapkan berbagai langkah pencegahan COVID-19.

Sasarkan lomba ini untuk anak-anak, remaja dan para pemuda. Bebaskan mereka berkreasi, namun batasi jumlah setiap grup agar tidak menciptakan terlalu banyak kerumunan. Minta mereka untuk membuat video tentang penggunaan masker, mencuci tangan yang baik dan benar serta menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas di luar rumah. Agar lebih seru, minta para peserta untuk mengunggah video tersebut ke media sosial dan ramaikan dengan tagar tertentu agar dapat meginspirasi orang lain.

3. Lomba Cerdas Cermat


Lomba Cerdas Cermat
Rawpixel

Lomba satu ini cocok diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja dalam usia sekolah. Tak hanya seru, berbagai jenis lomba cerdas cermat dapat dilakukan untuk mengasah kecerdasan dan kreativitas mereka. Agar lebih aman dan menimbulkan kerumunan, Anda bisa menggelarnya secara online.

Untuk melakukannya sangat sederhana kok. Jika Anda bertugas sebagai panitia, cukup sediakan berbagai pertanyaan untuk babak pertama hingga final. Agar perlombaan terasa semakin meriah, gunakan berbagai ide kreatif yang berkaitan dengan COVID-19 dan sejarah Indonesia. Selain itu, jangan lupa untuk menetapkan aturan yang mudah dipahami bagi para peserta.

4. Lomba Melukis dan Mewarnai


Lomba Melukis dan Mewarnai
YouTube

Lomba berikutnya yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian adalah melukis dan mewarnai. Kedua jenis lomba ini lagi-lagi cocok untuk anak-anak di masa pertumbuhan untuk melatih kreativitas mereka. Untuk lomba melukis, para peserta hanya memerlukan beberapa peralatan sederhana seperti buku gambar dan alat tulis.

Sedangkan untuk lomba mewarnai, Anda sebagai panitia dapat menyediakan kertas putih berisi gambar. Bebaskan para peserta untuk mewarnai gambar tersebut sesuai dengan keinginan mereka. Agar lomba berlangsung adil, minta para peserta untuk merekam dirinya saat melukis dan mewarnai lalu unggah karya mereka untuk dinilai para warga atau panitia.

5. Lomba Foto Selfie Bertema Kemerdekaan


Lomba Foto Selfie Bertema Kemerdekaan

Alternatif lomba seru berikutnya yang aman dilakukan saat pandemi virus Corona adalah foto selfie bertema kemerdekaan. Lomba ini tak hanya mudah dilakukan, namun juga dapat diikuti oleh warga dari berbagai rentang usia. Jika biasanya mereka hanya berfoto selfie untuk diupload di media sosial, lomba ini bisa menjadi ajang untuk seru-seruan sekaligus mendapatkan hadiah.

Agar lebih seru, tetapkan tema tentang Kemerdekaan Indonesia untuk para peserta. Bebaskan mereka berkreasi menggunakan kostum maupun aksesori apapun yang berkaitan dengan HUT RI. Dan agar penilaiannya lebih adil, upload foto selfie para peserta di media sosial lalu hitung berapa banyak jumlah like yang mereka dapat. Peserta dengan jumlah like terbanyak berhak mendapatkan juara pertama.

6. Lomba Tari TikTok


Lomba Tari TikTok

TikTok kini menjadi salah satu aplikasi paling populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Penggunanya tak hanya terbatas pada muda mudi, namun juga sudah merambah pada kalangan dewasa termasuk emak-emak. Aplikasi yang berasal dari Tiongkok ini juga cukup terkenal dengan dance challenge yang gampang sekali viral. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal itu untuk menjadikannya lomba 17 Agustus yang seru.

Gunakan topik yang sesuai misalnya tentang virus Corona dan Kemerdekaan Indonesia. Bebaskan setiap peserta untuk menggunakan gerakan yang lucu dan tidak membosankan agar penonton yang menyaksikan video tersebut ikut terhibur. Tapi jangan lupa untuk membatasi jumlah peserta di setiap kelompoknya agar tidak menciptakan terlalu banyak kerumunan.

7. Lomba Game Online


Lomba Game Online

Di zaman modern seperti saat ini game online memiliki banyak sekali peminat. Penggunanya bahkan rela menghabiskan banyak waktu untuk sekedar memainkan berbagai game seperti Mobile Legend, PUBG dan sejenisnya. Berkaitan dengan tingginya minat pada game online tersebut, Anda bisa menjadikannya lomba HUT RI tanpa harus tatap muka. Seru banget pastinya!

Demikian tujuh rekomendasi perlombaan seru yang cocok dimainkan untuk memperingati HUT RI di tengah pandemi virus Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menggelar resepsi pernikahan di era new normal. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips liburan aman dan menyenangkan di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait