Resmi Usung Bobby Nasution, Ini Deretan 'Kerabat' Jokowi Yang Didukung PDIP di Pilkada 2020
Nasional

PDIP resmi mengusung Bobby Nasution sebagai Cawalkot Medan, menyusul Gibran Rakabuming sang putra sulung Presiden Joko Widodo di Pilwalkot Solo. Namun ada nama-nama 'dekat' Jokowi lain yang ikut diusung PDIP.

WowKeren - Indonesia sedianya akan tetap melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Partai-partai politik pun sudah menetapkan pasangan calon yang akan mereka usung di Pilkada, termasuk PDI Perjuangan.

Partai yang diketuai Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri itu baru saja mengesahkan dukungan mereka untuk menantu Joko Widodo, Bobby Nasution di Pilkada 2020. Sedianya Bobby akan diusung untuk maju sebagai calon Wali Kota Medan, berdampingan dengan politikus Gerindra, Aulia Rahman.

"Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Aulia Rahman. Selamat bergabung di PDI Perjuangan Mas Bobby," ungkap Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, dalam pengumuman yang disampaikan Selasa (11/8) itu.

Namun Bobby bukan satu-satunya kerabat Jokowi yang diusung PDIP dalam Pilkada kali ini. Sebagai pengingat, PDIP akhirnya mengusung putra sulung sang presiden, Gibran Rakabuming Raka, di Pilwalkot Solo.


Gibran dan Bobby pun tak mengakhiri daftar "rekan" Jokowi yang diusung PDIP di Pilkada ini. Partai yang identik dengan banteng itu juga mengusung keponakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, sebagai Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

"Kota Tangerang Selatan, calon kepala daerah Muhammad. Nama wakil kepala daerah Rahayu Saraswati Djojohadikusumo," terang Puan, merujuk pada Sekretaris Daerah Tangsel, Muhammad, yang akan maju sebagai Cawalkot.

PDIP juga memberikan ruang bagi putra Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, Yuri Kemal Fadlullah, sebagai calon Bupati Belitung Timur. Yuri sedianya bakal berpasangan dengan Nurdiansyah yang sudah berpengalaman di bidang birokrasi pemerintahan. "Belitung Timur, Yuri Kemal Fadlullah dengan Nurdiansyah," tutur Puan, dilansir dari CNN Indonesia.

Tentu Yuri masih masuk kategori "orang dekat" Jokowi, mengingat Yusril adalah Ketua Tim Kuasa Hukum sang presiden kala bersengketa soal hasil Pemilu 2019 dengan kubu Prabowo-Sandiaga Uno. Kendati demikian, pihak Jokowi menegaskan tak pernah mengintervensi pemilihan calon-calon kepala daerah oleh PDIP ini.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait