Leher Sakit Akibat Salah Bantal Memang Menyiksa, Ikuti 7 Tips Ini Untuk Mengatasinya!
Shutterstock/Photographee.eu
Health

Salah bantal dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain. Salah bantal terjadi saat otot kalian terlalu teriritasi atau robek. Hal ini biasanya terjadi akibat kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat.

WowKeren - Posisi tidur dan penggunaan bantal yang asal-asalan dapat mengakibatkan banyak gangguan kesehatan. Sakit dan nyeri di bagian leher merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami yang sering disebut salah bantal. Salah bantal dalam dunia medis dikenal dengan istilah muscle strain (otot yang tegang, otot yang ditarik).

Salah bantal terjadi saat otot kalian terlalu teriritasi atau robek. Hal ini biasanya terjadi akibat kelelahan atau penggunaan otot yang tidak tepat. Ketegangan pada otot ini dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat membatasi pergerakan otot yang terkena. Ketegangan dapat terjadi pada otot mana saja, tapi paling sering terjadi pada punggung bagian bawah, leher, dan bahu.

Pada umumnya, nyeri tengkuk atau sakit leher ini bukanlah kondisi serius yang perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa sembuh dalam beberapa hari atau beberapa minggu tanpa pengobatan khusus. Namun, rasa sakit ini tentu saja sangat enggak nyaman. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips untuk mengatasinya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kompres Leher Yang Sakit


Kompres Leher Yang Sakit
whatcompt.com

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi nyeri leher akibat salah bantal menggunakan kompres, yakni dengan es batu ataupun air hangat. Jika ingin mengompres leher dengan es batu, bungkuslah beberapa butir es batu dengan kain atau handuk bersih. Kemudian kompreskan di bagian leher yang sakit atau kaku.

Apabila kalian memilih kompres hangat, basahi kain bersih dengan air hangat, peras kainnya, lalu tempelkan di bagian leher yang sakit. Kompreslah leher selama 20 menit hingga rasa sakit di leher mulai mereda. Selain itu, mandi di bawah kucuran air hangat juga dianggap efektif sebagai cara mengatasi salah bantal. Namun kalian enggak disarankan untuk tidak tidur sambil mengompres leher dengan kain dingin atau hangat ya.

2. Istirahatkan Otot Leher


Istirahatkan Otot Leher

Jika leher mulai terasa sakit, hindari menggunakan otot leher kalian selama beberapa hari, terutama jika gerakan menyebabkan peningkatan rasa sakit. Kalian juga direkomendasikan menggunakan penyangga leher untuk waktu yang singkat. Gunakanlah penyangga leher selama beberapa jam, kemudian lepas dan pakai lagi saat membutuhkannya.

Tapi jangan terlalu banyak istirahat, karena hal ini bisa menyebabkan otot menjadi lemah, yang bisa memperpanjang proses penyembuhan. Setelah dua hari, perlahan mulai gunakan otot leher secara lembut, berhati-hatilah agar tidak berlebihan yang menimbulkan rasa sakit berlebihan.

3. Pijat Ringan Area Yang Sakit


Pijat Ringan Area Yang Sakit

Kalian juga dianjurkan memijat area yang tegang dan yang terasa sakit. Dengan memijat area tersebut, fungsi otot yang kejang dan tremor akan kembali relaks. Lakukan pijatan-pijatan kecil untuk merilekskan kembali otot yang kaku. Bila perlu, gunakan balsam atau salep khusus untuk nyeri otot.

Pijatan ini membantu mengurangi rasa kaku dan nyeri pada leher bagian belakang, juga menimbulkan rasa hangat pada balsam. Mintalah bantuan pasangan atau temanmu untuk memijat area sekitar bahu dan leher dengan lembut.

4. Lakukan Peregangan Sederhana


Lakukan Peregangan Sederhana
Thinkstock

Saat mengalami sakit leher akibat salah bantal, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Tetaplah bergerak, terutama melakukan peregangan badan atau yang sering disebut stretching. Bukan tanpa alasan, salah bantal dapat diatasi dengan aktif bergerak.

Menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, menjadi salah satu gerakan fisik yang sangat dianjurkan. Pastikan kalian sudah melakukan cara mengatasi salah bantal pertama (kompres atau mandi dengan air hangat) sebelum meregangkan badan. Dalam kondisi salah bantal, ada baiknya melakukan gerakan secara pelan dan tidak tiba-tiba. Jika dilakukan secara tiba-tiba, nyeri leher bisa semakin parah.

5. Hindari Memutar Atau Membunyikan Tulang Leher


Hindari Memutar Atau Membunyikan Tulang Leher
Shutterstock

Jika leher kalian sedang sakit, jangan pernah kalian coba-coba untuk memutar kepala atau membunyikan leher. Kalian harus menghentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan terjadinya cedera otot dan saraf di bagian leher. Memang, membunyikan leher atau memutar kepala ketika leher rasanya letih menjadi kegiatan yang bisa membantu melegakan otot tapi hal ini enggak baik untuk kesehatan.

Bunyi yang dihasilkan dari leher sebenarnya disebabkan oleh pemisahan sementara permukaan sendi yang menyebabkan udara masuk sehingga gelembungnya dapat meletus ketika bagian sendi terputar. Meskipun pemisahan permukaan sendi bersifat sementara, membunyikan leher tetap dapat menyebabkan sobekan kecil pada arteri. Hal ini akan berisiko membentuk gumpalan darah.

6. Perbaiki Posisi Tidur


Perbaiki Posisi Tidur
Shutterstock

Agar mencegah sakit leher itu datang kembali, kalian tentu saja harus merubah posisi tidur kalian. Posisi tidur kurang pas, seringkali menjadi penyebab salah bantal yang paling menyebalkan. Cobalah untuk tidur di kasur dengan permukaan yang rata dan menggunakan bantal yang menopang leher kalian.

Tidurlah dengan posisi tidur terlentang atau miring dan melakukan relaksasi sebelum tidur. Jika Anda sering menggesek gigi tanpa disadari, mulailah tidur dengan mengenakan pelindung mulut. Jika kalian sudah mengikuti beberapa tips memperbaiki posisi tidur di atas ini, niscaya salah bantal hanya akan menjadi sejarah.

7. Konsultasi Ke Dokter Bila Tak Kunjung Sembuh


Konsultasi Ke Dokter Bila Tak Kunjung Sembuh

Pemeriksaan oleh dokter perlu segera dilakukan jika keluhan sakit leher timbul setelah mengalami cedera, misalnya setelah kecelakaan lalu lintas atau setelah terjatuh. Kecelakaan dapat menyebabkan cedera saraf tulang belakang yang mengakibatkan leher terasa nyeri.

Leher sakit juga perlu dikonsultasikan ke dokter bila rasa sakit bertambah parah atau tidak membaik dengan obat pereda nyeri. Kalian juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila sakit leher yang dialami disertai dengan beberapa gejala seperti mual dan muntah, muncul benjolan di leher, lengan atau tungkai menjadi lemas dan sesak napas.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk tidur miring karena memiliki banyak manfaat. Coba intip artikel ini guna melihat berbagai manfaat tidur miring ke kanan yang jarang diketahui. Dan kamu sebaiknya tidur dengan teratur mulai sekarang, karena jika tidak, 8 bahaya ini siap mengintaimu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait