Oscar Lawalata Ungkap Pandangannya Soal Klasifikasi Gender Dalam Fashion
Instagram/oscarlawalata
Selebriti

Oscar Lawalata membagikan pendapatnya mengenai gender dalam dunia busana dan fashion. Oscar mengungkap bahwa di sejarah, tidak ada yang namanya gender dalam busana.

WowKeren - Oscar Lawalata atau yang kini telah berganti nama menjadi Asha Smara Darra, merupakan salah satu fashion desainer yang ikut mengangkat budaya asli Indonesia. Fashion dan budaya tentu menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Pasalnya, busana dan fashion merupakan salah satu produk dari budaya.

Karena hal itu pula, Oscar bun juga tertarik dan mempelajari mengenai sejarah budaya yang mencakup mencakup pakaian dan fashion. Dari pengamatan yang telah dilakukannya, Oscar mengaku masih ada pandang masyarakat yang salah mengenai fashion. Lebih tepatnya mengenai klasifikasi gender dengan fashion atau pakaian mereka.


"Saya pun juga melihat kebudayaan, saya mempelajari lalunya gitu. Bahwa untuk pakaian pun dulu tidak ada gender-nya loh. Tidak harus laki-laki memakai celana," jelas Oscar dalam channel YouTube The Lawalatas pada Minggu (6/9). "Dulu laki-laki memakai sarung juga bahkan ada yang memakai dress juga gitu. Jadi dulunya pakaian itu no gender. Karena bicara gender ini banyak layer-layer yang harus kita buka gitu lo."

Menurut Oscar, untuk berbicara mengenai masalah gender, tidak bisa hanya dilihat dari pakaian atau fashion-nya saja. Ada beberapa lapisan yang harus dibedah jika ingin berbicara mengenai persoalan gender. Oscar rupanya juga menyimpan berbagai pertanyaan mengenai hal tersebut.

"Bagaimana kita ini bisa terpisahkan dulunya? Kenapa harus ada stigma laki-laki begini perempuan begini? Sampai ke bajunya juga diatur, kenapa sih harus begitu? Kenapa perempuan tidak boleh memakai dasi seperti laki-laki? Atau laki-laki ingin memakai dress. Padahal kan kalau baju-baju di Timur Tengah sana kan, para musafir apa segala macem juga bajunya itu seperti kaftan ya, dan itu masuk kategori dress. Jadi kan sebenarnya dari baju pun juga bisa kita pelajari itu," pungkas kakak kandung dari Mario Lawalata tersebut.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru