Habib Rizieq Dikabarkan Akan Segera Pulang ke RI, Ini Tanggapan Kemenlu
Nasional
Kepulangan Habib Rizieq

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengaku tidak mendapatkan informasi apapun perihal klaim FPI soal pencabutan larangan bepergian yang dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi terhadap Rizieq Shihab.

WowKeren - Kabar mengejutkan disampaikan oleh Front Pembela Islam (FPI) yang menyebutkan jika Imam Besar FPI Habib Rizieq akan segera pulang ke Indonesia. Disebutkan jika Arab Saudi telah resmi mencabut cekal Habib Rizieq.

Merespon kabar tersebut, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyatakan tidak mendapatkan informasi apapun perihal klaim FPI terkait pencabutan larangan bepergian yang dilakukan oleh Kerajaan Arab Saudi terhadap Rizieq Shihab. "Saya tidak ada informasi atas hal ini," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (14/10).

Namun, pihak Kementeria Luar Negeri bakal menelusuri soal kabar tersebut. "Sedang dicari tahu melalui KBRI di Riyadh," tambahnya.

Faizasyah mengatakan jika Habib Rizieq memberikan informasi kepulangannya ke KBRI, maka pihaknya akan mengetahui. Sebab, WNI yang berada di Arab Saudi ribuan.


"Kalau yang bersangkutan menginfokan KBRI hal ini, maka KBRI terinformasi. WNI di Kerajaan Saudi ada ribuan," ungkapnya. Sementara itu, Duta Besar RI di Riyadh, Agus Maftuh Abegebriel belum juga memberi tanggapan terkait kabar pencabutan larangan pulang Rizieq.

Seperti yang diketahui, kepulangan Habib Rizieq ini sebelumnya disampaikan Ketum FPI Ahmad Shabri Lubis dari mobil komando demo tolak UU Omnibus Law Cipta Kerja. Shabri Lubis menyatakan Habib Rizieq akan segera pulang ke Tanah Air.

"Imam besar Habib Rizieq Syihab akan segera pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi," kata Shabri dari atas mobil komando, Selasa (13/10). Shabri menyebut cekal dan denda terkait Habib Rizieq di Saudi sudah dihapus. Ia bahkan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi.

"Dewan Pimpinan Pusat FPI dan umat Indonesia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap pemerintah Saudi dan semua pihak yang membantu Habib Rizieq Syihab, termasuk semua umat Islam yang mendoakan beliau agar selalu dilindungi dan segera pulang ke Indonesia," ujarnya.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts