Pandemi COVID-19 Belum Usai, KPU Terus Gelar Simulasi Pilkada 2020
Nasional

Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap menggelar sejumlah simulasi Pilkada 2020 meski pandemi virus corona masih belum reda. Simulasi tersebut digelar untuk mempersiapkan mekanisme pemungutan suara di tengah pandemi.

WowKeren - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 secara serentak bakal tetap digelar di tahun ini meski pandemi COVID-19 masih belum reda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menggelar sejumlah simulasi Pilkada 2020.

Simulasi tersebut tetap digelar untuk mempersiapkan mekanisme pemungutan suara di tengah pandemi. "Kita sudah menyelenggarakan kelima kali, yang terakhir di Magelang, daerahnya Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo)," kata Evi dalam diskusi daring, Rabu (14/10). "Kita menyelenggarakan simulasi dengan menjalankan protokol kesehatan ya untuk pencegahan COVID-19 ini."

Dikutip dari CNNIndonesia, KPU telah menggelar enam kali simulasi terkait pilkada. Empat simulasi pemungutan suara dan dua simulasi penerapan sistem rekapitulasi elektronik. Simulasi pertama digelar di Kantor KPU di Jakarta pada 22 Juli.

Pada saat itu, KPU melibatkan 500 peserta sebagai pemilih. Padahal sehari sebelumnya, ada seorang pegawai yang dinyatakan positif COVID-19.

Simulasi kedua kemudian digelar di Jakarta pada 25 Agustus. KPU menguji coba sistem rekapitulasi elektronik (sirekap). Saat itu KPU mengundang berbagai elemen, termasuk media massa dan LSM pemantau pemilu.


Simulasi ketiga, dengan melakukan pemungutan suara di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada 29 Agustus. Kemudian simulasi pemungutan suara di Tangerang Selatan pada 12 September.

Pada 17 September, KPU kembali menggelar simulasi sirekap untuk kedua kalinya di Kota Depok. Simulasi tersebut digelar di dalam ruangan yang dihadiri puluhan orang.

Beberapa hari kemudian, Ketua KPU Arief Budiman dan Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi dinyatakan positif COVID-19. Hingga saat ini, posisi Arif masih digantikan oleh Komisioner Ilham Saputra.

Kemudian, pada 10 Oktober lalu, KPU kembali menggelar simulasi pemungutan suara. Pelaksana harian Ketua KPU Ilham Saputra memimpin simulasi di Magelang, Jawa Tengah. Dalam beberapa waktu ke depan, KPU tetap akan menggelar berbagai simulasi pilkada.

Bahkan Komisioner KPU Viryan Aziz mengonfirmasi simulasi akan ditangani oleh jajaran di daerah. "Mulai Oktober ini kita akan dorong daerah mulai banyak melakukan simulasi," tutur Viryan, Kamis (8/10).

Sementara itu, hingga saat ini Indonesia telah mencatat 344.749 kasus positif COVID-19. Sebanyak 12.156 orang meninggal dunia karena COVID-19.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru