Moeldoko Puji Satu Tahun Jokowi: Presiden Tak Pernah Abai Dengan Janjinya
Nasional

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memuji satu tahun pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pimpin Indonesia, puji sosok presiden yang tak pernah ingkari janji.

WowKeren - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin genap memimpin Indonesia selama satu tahun pada hari Selasa (20/10) ini. Kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf selama satu tahun ini mendapatkan pujian dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Moeldoko turut merilis laporan satu tahun kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf yang diunggah dalam situs resmi Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Laporan tahunan tersebut telah menjadi tradisi baru sejak pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla periode 201-2019 untuk menyampaikan program dan pencapaian pemerintah secara transparan kepada publik.

”Laporan ini memberikan kesempatan seluruh pemangku kepentingan,” tulis laman KSP, Selasa (20/10). “Yang ingin mendapatkan perspektif lebih utuh tentang program-program pemerintah yang berasal dari visi-misi Presiden.”

Moeldoko menilai laporan tersebut dapat menjelaskan mengenai program-program pemerintah yang berasal dari visi misi Presiden. Menurutnya, perspektif laporan ini tidak bisa diperoleh dari media massa.


”Perspektif seperti itu tidak bisa diperoleh dari sumber lain termasuk media massa,” ujar Moeldoko dalam pengantar laporan tahunan 2020, Senin (20/10). “Yang tentu memiliki keterbatasan akses, ruang, halaman, dan kemungkinan agenda setting-nya sendiri.”

”Selain untuk tujuan diseminasi kinerja pemerintah kepada publik juga sebagai sarana evaluasi tahunan,” sambungnya. “Ini akan memberikan perspektif perbandingan tentang apa yang telah tercapai dan apa yang harus dilakukan pemerintah pada tahun berikutnya.”

Moeldoko turut menjelaskan mengenai kinerja Jokowi dan Ma’ruf di satu tahun kepemimpinan mereka yang dihantam pandemi virus corona. Ia memuji bagaimana Jokowi merupakan sosok pemimpin yang berani mengambil risiko terkait penanganan pandemi COVID-19.

”Laporan tahunan ini kami mulai dengan munculnya game changer dunia, Pandemi COVID-19,” ungkap Moeldoko. “Indonesia tidak terkecuali harus menghadapinya, Presiden Joko Widodo yang dikenal sebagai pemimpin yang berani mengambil risiko menyerukan agar kita tidak surut menghadapinya. Kita harus membajak krisis. Meski menghadapi kondisi sulit, kita meyakini kita akan berhasil melewatinya.”

Terakhir, Mantan Panglima TNI ini menyebut Jokowi sebagai presiden yang tidak akan pernah mengingkari janjinya kepada masyarakat, khususnya terkait pemulihan ekonomi selama pandemi. “Presiden tidak pernah mengabaikan janjinya. Meski laju pertumbuhan ekonomi sempat tersendat,” pungkasnya.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts