Ini Kata Gibran Soal Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
Nasional

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pendapatnya terkait satu tahun berjalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang jatuh pada hari ini (20/10).

WowKeren - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah genap memimpin Indonesia selama satu tahun pada Selasa (20/10). Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka pun mengungkapkan pendapatnya terkait hal tersebut.

Menurut Gibran, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan bersama. Utamanya ialah masalah pandemi virus Corona atau COVID-19 yang masih menunjukkan peningkatan kasus.

PR-nya masih banyak. Ya anda tahu sendirilah," kata Gibran saat melakukan blusukan online di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, Selasa (20/10). "Salah satunya COVID-19 ini."

Gibran pun berharap agar pandemi COVID-19 bisa segera berakhir. Terkait pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Gibran berharap bisa terus menunjukkan hal positif. "Ya harapannya biar pandemi ini cepat selesai, kita bisa melakukan aktivitas seperti normal lagi. Ya biar bisa lebih baik lagi ke depannya," ujarnya.


Namun Gibran enggan memberikan tanggapan lebih jauh mengenai kinerja Jokowi bersama Kabinet Indonesia Maju. Dia menyerahkan hal itu kepada masyarakat. "Kalau saran dan kritik ya biar warga saja yang memberi saran dan kritik. Kalau dari saya nanti bias. Biar warga aja yang menilai," tuturnya.

Sebelumnya, masyarakat kecil juga turut memberikan pandangan mereka terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama setahun terakhir ini. Mereka menilai jika Jokowi-Ma'ruf tidak memberikan perbaikan ekonomi sama sekali selama satu tahun menjabat. Selain karena situasi pandemi virus corona (COVID-19), pemerintah juga malah menerbitkan kebijakan kontroversial seperti Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja.

Ketidakpuasan terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf juga disuarakan oleh Sobirin yang sehari-harinya berdagang di daerah Kebayoran Baru, Jaksel. Dari skala 1-10, Sobirin memberikan nilai 5 kepada kinerja Jokowi-Ma'ruf selama setahun ini.

"Terus terang saya enggak puas. Makin kesini makin parah aja (kebijakannya). Jauh jika dibanding periode pertama," jelas Sobirin. "Harapannya ke depannya Pak Jokowi bikin kebijakan yang merakyat lah. Karena sekarang istilahnya yang kerja, gaji diturunin, apa-apa diturunin. Rakyat kecil bisa-bisa merampok kita."

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts