Rekomendasi 10 Franchise Film Terbaik Ini Dijamin Cocok Banget Temani Momen Akhir Pekan, Apa Saja?
Marvel Studios
Film

Mulai dari film-film MCU hingga seri 'Harry Potter', yuk simak rekomendasi franchise film yang dirangkum oleh tim Wowkeren.com berikut ini buat menemani akhir pekanmu.

WowKeren - Menonton film tentunya menjadi salah satu kegiatan yang asyik untuk mengisi waktu luang. Apalagi untuk kamu yang masih bingung untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Nah, bicara soal nonton film, rasanya paling cocok kalau kita menonton film yang nyambung dan berkelanjutan, alias berada dalam satu franchise. Selain terdiri dari banyak seri yang dijamin sukses membunuh rasa bosan, film-film dalam sebuah franchise juga mampu membangkitkan rasa penasaran penonton yang ingin mengetahui plot cerita secara utuh dari keseluruhan serinya.


Buat kamu yang belum tahu nih, franchise merupakan kumpulan film yang memiliki karakter atau pun jalan cerita yang saling terhubung satu sama lain. Biasanya film-film ini akan dibuat dengan duologi, trilogi, quadriologi, pentalogi, dan seterusnya sampai jalan ceritanya utuh dan bikin penonton semakin tertarik.

Alasan mengapa film franchise begitu populer, salah satunya adalah rasa antusias para penonton yang besar. Selain mengobati rasa rindu, para penggemar film juga dibuat penasaran dengan kelanjutan maupun akhir dari kisah favoritnya.

Nah, buat kamu yang lagi pengin marathon nonton film dan punya banyak waktu luang, ada baiknya simak rekomendasi 10 franchise film yang dirangkum oleh tim Wowkeren.com berikut ini buat menemani momen akhir pekanmu. Apa saja, sih?

(wk/luth)

1. Harry Potter


Harry Potter
Warner Bros.

Kebangetan namanya kalau kamu enggak tahu franchise film yang satu ini!

Meskipun sudah hampir dua dekade berlalu sejak film pertamanya dirilis, namun franchise yang diadaptasi dari novel karya J.K. Rowling ini masih menjadi primadona buat para pecandu marathon movie. Berkisah tentang dunia sihir, "Harry Potter" siap mengajak kamu buat menjelajahi petualangan super seru bersama trio Hogwarts (Harry Potter (Daniel Radcliffe), Hermione Granger (Emma Watson) dan Ron Weasley (Rupert Grint)) sebagai karakter utama.

Sekadar informasi nih, "Harry Potter" menjadi salah satu franchise tersukses sepanjang masa lho. Film tersuksesnya merupakan penutup serial "Harry Potter" yang dirilis pada tahun 2011 lalu, "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II", yang berhasil meraup pendapatan mencapai USD 1,34 miliar atau setara dengan Rp19 triliun.

2. James Bond


James Bond
Metro-Goldwyn-Mayer

Siapa yang tidak tahu franchise agen mata-mata asal Inggris ini?

"James Bond" sendiri menjadi franchise film terlama di dunia. Dan sejauh ini, semua film-film si agen mata-mata elite tersebut selalu sukses besar di pasaran.

Franchise yang diadaptasi dari buku karangan Ian Fleming ini dimuai dari tahun 1963 dan berhasil menelurkan sebanyak 25 film dalam kurun waktu 57 tahun, lho!

Franchise yang terkenal dengan aksi agen rahasia yang dikelilingi wanita cantik, kendaraan mewah, dan senjata canggih ini diperankan oleh banyak aktor kawakan, seperti Sean Connery, Pierce Brosnan, hingga Daniel Craig.

Film tersukses "James Bond" adalah film yang dibintangi oleh Daniel Craig tahun 2012 lalu, "Skyfall" dengan keuntungan mencapai USD 1,110 miliar atau setara dengan Rp15 triliun. Daniel Craig sendiri akan mengakhiri perannya sebagai sang agen mata-mata dalam seri terbaru "James Bond", "No Time To Die", yang rencananya tayang pada November nanti.

3. Fast and Furious


Fast and Furious
Universal Studios

Digawangi Vin Diesel hingga mendiang Paul Walker, "Fast and Furious" berhasil menjadi salah satu franchise paling sukses di dunia.

Menggabungkan cerita yang penuh aksi dan kecanggihan mobil-mobil keren, film ini selalu semakin menarik di setiap sekuelnya. Total, film ini telah memiliki sembilan sekuel, dengan "F9" yang siap tayang tahun depan.

"Furious 7" menjadi salah satu film tersukses dalam franchise ini dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa dengan raihan USD 1,518 miliar atau setara dengan Rp21 triliun. Sejauh ini, total pendapatan franchise "Fast and Furious" telah mancapai USD 5,1 miliar (Rp72 triliun) dalam rentang hampir dua dekade.

4. Lord of the Rings


Lord of the Rings
New Line Cinema

Ini nih, satu lagi franchise primadona yang diadaptasi dari novel fantasi ciamik karangan J.R.R Tolkien.

"The Lord of The Rings" dikemas sebagai sebuah trilogi yang digarap oleh sutradara kondang Peter Jackson. Franchise ini melahirkan karakter-karakter legendaris yang hingga kini masih digandrungi oleh para penggemar, seperti Legolas hingga Gandalf.

Tak hanya populer, franchise yang berkisah tentang era Middle Earth ini juga berhasil mendapatkan keuntungan fantastis. Berkat kesuksesannya itu, muncul spin-off berjudul "The Hobbit" yang hadir juga dengan triloginya, dan tak kalah "meledak" di box office.

Film tersukses dari franchise ini adalah penutup triloginya yang berjudul "The Lord of The Rings: The Return of The King", dengan keuntungan mencapai USD 1,141 miliar atau setara dengan Rp16 triliun.

5. Star Wars


Star Wars

Bicara soal franchise film yang layak ditonton tentunya tak lengkap jika belum membahas "Star Wars". Franchise ber-genre fiksi ilmiah ini menjadi salah satu waralaba tersukses di seluruh dunia selama bertahun-tahun, bahkan sebelum adanya MCU.

Salah satu daya tarik utama "Star Wars" adalah mengusung alternative-universe berbeda dengan kehidupan manusia pada umumnya dan mengangkat perang bintang sebagai plot utamanya. Franchise "Star Wars" sendiri merupakan waralaba kedua yang memiliki rentang waktu terpanjang, yaitu 42 tahun!

Kesuksesan franchise film ini juga sudah tidak diragukan lagi. "Star Wars" bahkan tercatat sukses meraih total pendapatan sebanyak USD 9,37 miliar atau setara dengan Rp133 triliun, lho.

6. Hunger Games


Hunger Games
Lionsgate

Kalau franchise yang satu ini cocok buat para penggemar karakter strong woman sebagai pemeran utama.

Diadaptasi dari buku laris karangan Suzanne Collins, "The Hunger Games" berkisah tentang seorang gadis bernama Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) yang harus mewakili distriknya untuk mengikuti kompetisi tahunan bernama "The Hunger Games" sebagai tradisi wajib di negaranya.

Sesuai dengan namanya, "The Hunger Games" menampilkan pertempuran sengit antar distrik, di mana kompetisi ini hanya akan menghasilkan seorang pemenang yang bertahan hidup setelah lawannya yang lain tewas dalam pertarungan. Dibunuh atau membunuh, itulah aturan dalam permainan brutal ini.

Dalam film ini, Katniss digambarkan sebagai seorang gadis tangguh yang cerdas dan memiliki jiwa pemberontak. Character development alias perkembangan karakter yang ditampilkan oleh Katniss dalam seri "The Hunger Games" juga dijamin membuat penonton terpukau, apalagi setelah ia berambisi untuk menghancurkan Capitol dan berusaha menghapus tradisi game brutal tersebut.

7. MCU


MCU
Marvel Studios

Rekomendasi selanjutnya datang dari franchise superhero, Marvel Cinematic Universe (MCU).

Berawal dari film "Iron Man" yang dirilis pada tahun 2008 hingga "Avengers: Endgame" di tahun 2019 yang jadi penutup fase ketiga, film-film MCU dijamin bikin kamu ketagihan menonton semua serinya!

Sejauh ini, MCU sudah merilis 23 film yang ditayangkan selama satu dekade terakhir, lho. Sejumlah jagoan alias superhero yang ditampilkan pun sukses jadi karakter favorit di kalangan penggemar. Mulai dari Iron Man, Captain America, Thor, Black Widow, Captain Marvel, Hawkeye, Hulk, Ant-Man, Black Panther, dan masih banyak lainnya.

Nah, yang membuat MCU berbeda dari franchise superhero lainnya adalah plot ceritanya yang selalu dibuat berkesinambungan satu sama lain, meskipun karakter utama yang ditampilkan sebagai pusat ceritanya berbeda. Pokoknya, kamu bakalan ketagihan menonton semua filmnya dan terus menerus dibuat penasaran.

8. X-men


X-men
Twentieth Century Fox
"X-Men" merupakan salah satu "produk" jebolan Marvel Comics yang termasuk dalam franchise tersukses. Sejak film pertamanya dirilis pada tahun 2000, sejauh ini franchise "X-Men" telah melahirkan 14 film.

"X-Men" sendiri menggambarkan para superhero yang merupakan mutan dengan kekuatan uniknya masing-masing. Secara keseluruhan, "X-Men" Universe telah meraih USD 5,7 miliar atau setara dengan Rp81 triliun. "Deadpool" menjadi film tersukses franchise ini dengan pendapatan USD 801 juta atau setara dengan Rp11 triliun.

Sebagai informasi tambahan, saat ini "X-Men" telah bernaung di bawah payung MCU setelah merger Disney dan Fox. Nantinya, kisah "X-Men" akan di-reboot ulang dan dijamin bakal semakin menarik.

9. Batman


Batman
Warner Bros.

Serupa dengan Spider-Man, Batman juga menjadi salah satu tokoh paling abadi dalam sejarah buku komik. Kemunculannya di layar lebar sangat beragam, dan semuanya sukses secara finansial.

Franchise "Batman" dimulai pada tahun 1989 dengan sutradara Tim Burton sebagai nahkodanya. Film ini membawa kesuksesan global bagi DC Extended Universe (DCEU), dan membuat Warner Bros semakin tertarik untuk mengembangkan franchise ini serta me-reboot-nya terus menerus.

Akan tetapi, seri "Batman" paling sukses adalah saat franchise ini dipegang oleh tangan dingin sutradara Christopher Nolan. Dengan membawa trilogi "Batman Begins", "The Dark Knight", serta "The Dark Knight Rises", franchise ini menuai kejayaannya, bahkan berhasil memboyong piala Oscar.

Karakter Batman sendiri telah diperankan oleh banyak aktor. Sebut saja Michael Keaton, George Clooney, Christian Bale, serta Ben Affleck. Yang terbaru, aktor ganteng Robert Pattinson didapuk sebagai wajah baru sang Cape Crusader dalam film "The Batman" yang dikomandoi oleh Matt Reeves. Rencananya, film ini akan dirilis pada 2022 mendatang.

10. Spider-Man


Spider-Man
Columbia Pictures

"Spider-Man" bisa dibilang sebagai salah satu franchise yang paling sering di-reboot dengan alur cerita yang "itu-itu melulu". Namun jangan salah, kendati demikian film-film franchise ini selalu sukses mendulang penghasilan fantastis dan menjadi hit di box office.

Franchise "Spider-Man" bermula dari film berjudul sama yang diarahkan oleh Sam Raimi pada tahun 2002. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire dan langsung menjadi salah satu proyek paling menguntungkan sepanjang sejarah film superhero.

Atas kesuksesan ini, "Spider-Man" berlanjut ke dua sekuelnya, "Spider-Man 2" dan "Spider-Man 3". Trilogi "Spider-Man" versi Tobey Maguire ini menghasilkan nyaris USD 2,5 miliar atau setara dengan Rp35 triliun di seluruh dunia.

Franchise ini kemudian di-reboot lewat film "The Amazing Spider-Man" dengan aktor ganteng Andrew Garfield sebagai wajah baru si manusia laba-laba. Seri ini berlanjut ke sekuelnya, "The Amazing Spider-Man 2", yang menjadi film terakhir Garfield memerankan karakter superhero ikonik tersebut sebelum diboyong ke MCU.

Kerja sama Marvel Entertainment dan Sony membawa era baru bagi kisah "Spider-Man". Dengan menggandeng aktor muda Tom Holland sebagai Peter Parker versi baru, karakter Spider-Man yang bernaung di bawah payung MCU benar-benar dikemas dengan nuansa fresh dan lebih menjanjikan.

"Spider-Man: Homecoming" dan "Spider-Man: Far From Home" menjadi proyek kerja sama Sony-Marvel yang menuai keuntungan besar di box office. Kabarnya, film ketiga "Spider-Man" versi Tom Holland ini sedang direncanakan dan bakal menjadi bagian dari fase empat MCU.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait