Jangan Khawatir, Bansos 2021 Bakal Berlanjut dengan Perubahan Seperti Ini
Nasional

Mensos Tri Rismaharini pastikan bansos untuk masyarakat terdampak COVID-19 akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang, namun dengan sejumlah perubahan seperti ini.

WowKeren - Bantuan sosial di tengah pandemi COVID-19 akan kembali diteruskan pada 2021 mendatang. Hal ini seperti dipastikan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, yang sekaligus menyatakan mekanisme bansos tahun depan akan berbeda.

Salah satu perbedaan utamanya adalah bansos akan dikirim langsung ke alamat penerima. Dengan demikian masyarakat tidak perlu mengambilnya ke kantor pos.

"Karena saya butuh cepat, mungkin kita akan komunikasikan dengan kantor pos," terang Risma, Jumat (25/12). "Dari kantor pos itu langsung diantar."

Risma juga akan mengupayakan pembagian bansos dilakukan tidak dalam bentuk uang tunai dan atau sembako. Hal ini dilakukan dalam rangka meminimalisir risiko penyalahgunaan serta menghindari pula potensi kerumunan yang berbahaya di tengah pandemi COVID-19.

Karena itulah Risma akan mengusahakan supaya bantuan berupa uang tunai akan ditransfer langsung ke rekening penerima. Atau bisa juga dengan diantar langsung via kantor pos yang dipastikan Risma akan bekerjasama dengan Kemensos.


"Soal keamanan itu kan nanti ada kontraknya," tegas Risma, dilansir dari Kompas TV, Sabtu (26/12). "Kalau ada apa-apa ya dia harus ganti. Itu akan saya pikirkan minggu depan."

Sementara itu Risma akan fokus untuk segera melakukan pencocokan data penerima bansos dengan pemerintah daerah. Pencocokan data, disebut Risma, sementara ini akan dilakukan melalui software karena keterbatasan waktu. Namun ke depannya proses input data penerima bansos akan dilakukan secara transparan.

"Datanya belum. Karena kita hanya melakukannya melalui software untuk Januari, karena tidak ada waktu," tutur Risma. "Jadi Senin (28/12) saya rapatkan, Selasa (29/12) pagi sudah bisa dikirim ke daerah."

"Untuk Februari lebih longgar lagi untuk perbaikan data. Jadi mungkin kita lakukan lebih transparan," imbuhnya. "Tiga hari kita kembalikan ke daerah kemudian di-upload, semua warga bisa melihat, sehingga ada inputan masing-masing ke kami."

Di sisi lain, ada tiga jenis bantuan yang disalurkan Kemensos pada 2020 ini. Termasuk di antaranya program keluarga harapan (PKH), bansos tunai untuk non-PKH, dan bansos beras.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait