Cegah Kasus COVID-19 Impor, WNI Diminta Tak ke Luar Negeri
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengimbau agar WNI mengurungkan niat untuk bepergian keluar negeri di masa pandemi COVID-19 apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

WowKeren - Pemerintah tengah menyiapkan berbagai cara untuk mencegah masuknya varian baru virus corona (COVID-19) asal Inggris. Salah satunya dengan menutup pintu masuk ke RI bagi warga negara asing (WNA).

Tak hanya itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Cecep Herawan juga mengimbau agar para WNI mengurungkan niat untuk bepergian keluar negeri di masa pandemi COVID-19. "Kami imbau khususnya WNI untuk kiranya menunda perjalanan luar negeri, kiranya dapat dipertimbangkan dengan matang," kata Cecep dalam dialog 'Membedah Regulasi Larangan Masuk Bagi Warga Asing' di YouTube BNPB, Selasa (29/12).

Cecep mengatakan WNI tak perlu keluar negeri jika tak ada keperluan yang mendesak. Langkah ini perlu dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru COVID-19 ke Indonesia. "Alangkah baiknya perjalanan luar negeri ditunda dulu jika tidak mendesak, apalagi terkait pandemi COVID-19 saat ini," tuturnya.


Cecep mengatakan pihaknya di luar negeri juga siap membantu WNI yang mengalami kendala dalam perjalanan pulang ke Indonesia. "Meski perwakilan pemerintah di luar negeri senantiasa akan siap sedia membantu WNI yang mendapat kendala perjalanan, namun alangkah baiknya perjalanan luar negeri untuk ditunda dulu," pungkasnya.

Sementara itu, Epidemiolog Universitas Airlangga, Windhu Purnomo memberi peringatan kepada pemerintah terkait kebijakan menutup pintu masuk WNA per 1 Januari 2021 tersebut. Menurutnya, varian baru virus corona VUI 202012/01 berisiko masuk ke Indonesia pada sisa waktu kebijakan menutup penerbangan dari luar negeri.

"Karena berlakunya baru tanggal 1 (Januari), empat hari riskan banget itu untuk masuknya warga asing tadi," kata Windhu dilansir CNNIndonesia, Selasa (29/12). Windhu menyebut pemerintah perlu mewajibkan karantina kepada para WNA yang telah masuk Indonesia, kendati mereka telah dinyatakan negatif lewat hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts